Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Analogi terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII Mts Negeri 2 Banjarnegara

Defi Riskita, Putri (2023) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Analogi terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII Mts Negeri 2 Banjarnegara. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Defi Riskita Putri_Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Analogi terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII Mts Negeri 2 Banjarnegara.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII MTs Negeri 2 Banjarnegara. Kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan untuk mengkaitkan konsep atau aturan matematika yang satu dengan yang lain, dengan bidang studi lain atau dengan aplikasi pada dunia nyata. Kemampuan koneksi matematika siswa dipengaruhi oleh pengetahuan prasyarat dan pengetahuan pada mata pelajaran lain. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan koneksi matematika siswa maka peneliti di sini menggunakan pendekatan analogi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran analogi terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas VII MTs Negeri 2 Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan Quasi Eksperimen Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Banjarnegara yang berjumlah 282 siswa. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan cara undian untuk menentukan kelas mana yang akan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga diperoleh sampel dari penelitian ini adalah VII H dengan jumlah siswa 26 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 26. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes untuk mengukur kemampuan koneksi matematika siswa. Dari nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen kemudian dicari nilai N-Gain dan diperoleh hasil bahwa rata-rata ngain pada kelas eksperimen adalah sebesar 0.71 yang masuk pada kategori tinggi sedangkan dari nilai pretest dan posttest kelas kontrol kemudian dicari nilai N-Gain diperoleh hasil bahwa rata-rata N-Gain pada ada kelas kontrol adalah sebesar 0.37 yang masuk pada kategori sedang. Hasil uji t dalam penelitian ini diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata N-Gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dapat disimpulkan pendekatan pembelajaran analogi berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII MTs Negeri 2 Banjarnegara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis Siswa, Pendekatan Pembelajaran Analogi, Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Defi Riskita Putri sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:15
Last Modified: 26 Jul 2023 07:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21012

Actions (login required)

View Item View Item