STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI LAMUK KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA

Ambar, Setia Wati (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI LAMUK KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ambar Setia Wati_STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MOARAL ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI LAMUK KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pembahasan mengenai strategi pembelajaran dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Pertiwi Lamuk. Hal tersebut didasarkan pada pandangan peneliti yang melihat bahwa strategi pembelajaran sangat berpengaruh terhadap perkembangan setiap anak usia dini. Disisi lain, salah satu aspek yang berkembang pada anak usia dini adalah nilai agama dan moral. Berkaitan dengan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran dalam pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini di TK Pertiwi Lamuk. Adapun yang menjadi alasan peneliti melaksanakan penelitian di TK Pertiwi Lamuk adalah karena perkembangan nilai agama dan moral masih menjadi masalah utama bagi anak didik di TK Pertiwi Lamuk. Untuk itu beibeirapa strateigi dilakukan oileih guru di TK Peirtiwi Lamuk dalam rangka meingeimbangkan nilai agama dan moral peiseirta didik.. Melalui penelitian ini, peneliti mencoba untuk mengkaji lebih lanjut strategi pembelajaran yang digunakan dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Pertiwi Lamuk dan implikasinya terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Pertiwi Lamuk. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dimana dalam penelitian kualitatif oibjeik peineilitiannya nyata tanpa ada seidikitpun reikayasa atau dibuat-buat deingan peineiliti seibagai peilaku utama dalam peincarian dan peingumpulan data yang dibutuhkan di dalam peineilitian. Selain itu, peineilitian deingan peindeikatan deiskriptif beirusaha meimbeirikan atau meinyajikan data yang disusun seicara sisteimatis, ceirmat dan ceirdas yang beirisi fakta-fakta aktual. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa-siswi TK Pertiwi Lamuk. Dari penelitian tersebut peneliti mendapatkan hasil bahwa strategi pembelajaran yang digunakan dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Pertiwi Lamuk yaitu adalah strategi pembelajarn terpadu. Dimana dalam strategi pembelajaran terpadu tersebut menggunakan beberapa metode pendukung seperti guru menjadi teladan yang baik bagi anak, guru membantu anak mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya, membaca iqra serta surat-surat pendek dalam Al-Qur’an bersama anak-anak, belajar dengan bercerita, belajar sambal bernyanyi, belajar di luar kelas (Outting Class), dan mengikutsertakan anak dalam kegiatan-kegiatan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Nilai Agama dan Moral, Anak Usia Dini
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ambar Setia Wati sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:30
Last Modified: 26 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21008

Actions (login required)

View Item View Item