Analisis Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Pengembangan Kinerja Karyawan (Studi Kasus BUMDesa Mandala Jaya, Desa Mandala, Kec. Cimanggu, Kab.Cilacap)

Latifah, Umah (2023) Analisis Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Pengembangan Kinerja Karyawan (Studi Kasus BUMDesa Mandala Jaya, Desa Mandala, Kec. Cimanggu, Kab.Cilacap). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Latifah Umah_Analisis Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Pengembangan Kinerja Karyawan (Studi Kasus BUMDesa Mandala Jaya, Desa Mandala, Kec. Cimanggu, Kab.Cilacap).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sumber daya manusia merupakan individu yang harus dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan dengan upaya untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tingkat kualitas yang dimiliki sumber daya manusianya, sama hal dengan penelitian tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia di BUMDesa Mandala Jaya, yang mana itu bisa dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan yakni on the job training dan off the job training, dengan hasil dari dilaksanakannya metode pelatihan tersebut tentunya dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan kinerja suatu karyawan, untuk dapat menilai apakah hasil dari peningkatan kualitas sumber daya manusia berpengaruh baik atau tidak terhadap pengembangan kinerja karyawan bisa dibuktikan dengan menggunakan tolak ukur metode pengembangan. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif meliputi studi kasus, subjek dalam penelitian ini yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pengembangan kinerja karyawan di BUMDesa Mandala Jaya. Objek dari penelitian ini yaitu BUMDesa Mandala Jaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan trianguallasi sumber. Untuk teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan verifikiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia di BUMDesa Mandala Jaya dilaksanakan melalui metode pelatihan yaitu on the job training dan off the job training. Hasil dari metode pelatihan tersebut dapat diukur dengan menggunakan tolak ukur metode pengembangan meliputi prestasi kerja karyawan yang memiliki tiga aspek yaitu kualitas kerja, kuantitas kerja dan hubungan kerja. Selain itu, terdapat juga kedisiplinan karyawan, tingkat kerusakan produksi, alat dan mesin-mesin, tingkat kecelakaan karyawan, tingkat upah insentif karyawan, prakarsa karyawan, kepemimpinan dan keputusan manajer, Hal tersebut berfungsi untuk menilai adanya pengembangan kinerja suatu karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kualitas SDM, Pengembangan, Kinerja Karyawan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 572 Human races
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Latifah Umah sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:43
Last Modified: 26 Jul 2023 06:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21003

Actions (login required)

View Item View Item