PENGARUH MATA KULIAH PRAKTIKUM, MINAT KERJA DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (STUDI EMPIRIS MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Hesty, Dwi Fitriani (2023) PENGARUH MATA KULIAH PRAKTIKUM, MINAT KERJA DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (STUDI EMPIRIS MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purrwokerto.

[img]
Preview
Text
Hesty Dwi Fitriani_PENGARUH MATA KULIAH PRAKTIKUM, MINAT KERJA DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Studi Empiris Mahasiswa Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesiapan kerja merupakan kemampuan seseorang untuk memberikan respon dalam mempersiapkan diri menghadapi suatu pekerjaan melalui pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang dimilikinya. Kesiapan kerja yang tinggi dipengaruhi dari faktor eksternal dan juga internal dari setiap individu. Jika dilihat dari faktor internal yaitu bisa berasal dari skill, talenta, minat, kecerdasan, prestasi, motivasi, sikap, keterampilan, dan pengalaman. Kesiapan kerja pada mahasiswa khususnya dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Perbankan Syariah UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto merupakan faktor yang penting terutama setelah mahasiswa menyelesaikan studinya di perguruan tinggi. Penelitian dilakukan untuk menganalisis pengaruh mata kuliah praktikum, minat kerja dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa di Lembaga Keuangan Syariah. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda untuk menganalisis data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 171 responden mahasiswa program studi Perbankan Syariah angkatan 2019 karena angkatan tersebut sudah menempuh semua mata kuliah praktikum dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu mata kuliah praktikum, minat kerja dan prestasi belajar. Serta variabel dependen yaitu kesiapan kerja di Lembaga Keuangan Syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel bebas mata kuliah praktikum, minat kerja dan prestasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan kerja di Lembaga Keungan Syariah. Sedangkan secara simultan semua variabel bebas yaitu mata kuliah praktikum, minat kerja dan prestasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan kerja di Lembaga Keungan Syariah. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu menggunakan tambahan variabel lain yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja mahasiswa dan memperluas cakupan objek penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mata Kuliah Praktikum, Minat Kerja, Prestasi Belajar, Kesiapan Kerja, Lembaga Keuangan Syariah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Hesty Dwi Fitriani sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:56
Last Modified: 27 Jul 2023 04:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21002

Actions (login required)

View Item View Item