TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM BACA DI APLIKASI WEBTOON (STUDI KASUS TERHADAP PENGGUNA APLIKASI WEBTOON DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI ANGKATAN 2017-2020)

Sylvania, Meilin (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM BACA DI APLIKASI WEBTOON (STUDI KASUS TERHADAP PENGGUNA APLIKASI WEBTOON DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI ANGKATAN 2017-2020). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SYLVANIA MEILIN_TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM BACA DI APLIKASI WEBTOON%0A(Studi Kasus terhadap Pengguna Aplikasi Webtoon di Kalangan Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Angkatan 2017-2020).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di era saat ini teknologi sudah berkembang pesat dari yang berupa tulisan kertas atau ketikan sekarang berkembang menjadi sebuah situs web bahkan menjadi aplikasi. Seperti halnya, komik yang dulunya hanya diedarkan dalam bentuk buku atau cetakan untuk mengisi kertas, sekarang bisa dibaca dalam aplikasi melalui gadged atau media elektronik lainnya. Aplikasi webtoon adalah salah satu aplikasi komik yang terkenal. Dalam aplikasi tersebut terdapat praktik sistem baca yaitu jual beli koin dan sewa baca yang sebagian besar masyarakat khususnya mahasiwa UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri kurang faham atau bahkan tidak tahu tentang mekanisme sistem jual beli koin dan sewa baca di aplikasi webtoon serta tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap sistem baca di aplikasi webtoon.. Jenis penelitian dari penelitian ini adalah mengunakan penelitian lapangan (field research) yaitu dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif sehingga dapat mengetahui situasi yang ada sesuai dengan hukum ekonomi syariah yang berlaku. Dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif normatif dan dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, membagikan survey dan melakukan wawancara serta dokumentasi. Kemudian peneliti akan melakukan analisis data dengan melakukan reduksi data, mendisplay data dan menyusun kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem baca di aplikasi webtoon adalah boleh menurut tinjauan Hukum Ekonomi Syariah, karena rukun dan syarat jual beli telah sesuai yaitu dengan adanya penjual dan pembeli, harga dan objek, serta ijab dan qabul . Sama halnya dengan sistem sewa baca yang menggunakan akad Ijarah telah memenuhi rukun dan syaratnya dibuktikan dengan ijab dan qabul antara pihak-pihak yang bertransaksi. Serta terdapat objek manfaat yang diterima dari layanan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Webtoon, Sistem Baca, Jual Beli, Ijarah.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
300 Social sciences > 340 Law > 344 Social, labor, welfare, and related law
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sylvania Meilin
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:49
Last Modified: 27 Jul 2023 04:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21000

Actions (login required)

View Item View Item