PENGARUH PENGALAMAN BELANJA DARING, CUSTOMER REVIEW, DAN REPUTASI TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN E-GROCERY BECERAN KABUPATEN PURBALINGGA

Afiffah, Syauqi Qurrata 'Ayun (2023) PENGARUH PENGALAMAN BELANJA DARING, CUSTOMER REVIEW, DAN REPUTASI TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN E-GROCERY BECERAN KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Afiffah Syauqi Qurrata 'Ayun_Pengaruh Pengalaman Belanja Daring, Customer Review, dan Reputasi terhadap Kepercayaan Konsumen E-grocery Beceran Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kekhawatiran konsumen ketika berbelanja daring dapat menimbulkan berbagai risiko yang tidak diinginkan, seperti penipuan. Salah satu faktor yang dapat membangun kepercayaan konsumen yakni melalui pengalaman belanja. Jika konsumen mendapatkan pengalaman yang baik, maka mereka akan merasa puas dan percaya untuk melakukan pembelian ulang. Selain itu, konsumen seringkali mencari informasi terkait kualitas produk maupun pelayanan melalui customer review. Jika pengalaman belanja dan review dari konsumen baik, maka perusahaan tersebut akan mendapatkan reputasi yang baik pula sehingga dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman belanja daring, customer review, dan reputasi terhadap kepercayaan konsumen E-Grocery Beceran Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu konsumen E-Grocery Beceran yang berjumlah 1021 responden. Sampel diambil dengan menggunakan metode simple random sampling yang berjumlah 100 responden. Data yang digunakan merupakan data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, pengalaman belanja daring berpengaruh positif terhadap kepercayaan, customer review berpengaruh positif terhadap kepercayaan, serta reputasi berpengaruh positif terhadap kepercayaan. Kemudian, variabel pengalaman belanja daring, customer review, dan reputasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen E-Grocery Beceran Kabupaten Purbalingga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Belanja Daring, Customer Review, Reputasi, Kepercayaan, E-grocery
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Afiffah Syauqi Qurrata 'Ayun
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:26
Last Modified: 27 Jul 2023 04:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20998

Actions (login required)

View Item View Item