IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NEGERI 5 CILACAP

Dwi, Ariyaningsih (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NEGERI 5 CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DWI ARIYANINGSIH_IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NEGERI 5 CILACAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum terbaru berbasis kompetensi yang lebih berpusat pada siswa. Penerapan kurikulum merdeka dilakukan secara bertahap dan tidak dilaksanakan secara serentak atau massif tergantung dari kesiapan masing-masing sekolah tanpa adanya pemaksaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 5 Cilacap. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka di MTs Negeri 5 Cilacap pada tahun ajaran 2022/2023 baru diterapkan pada kelas 7 saja sedangkan kelas 8 dan 9 masih menggunakan kurikulum 2013. Implementasi kurikulum merdeka dilakukan melalui 3 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan guru adalah menyiapkan RPP dan perangkat pembelajaran. Pelaksanaan yang dilakukan melalui 3 tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Evaluasi dilakukan dengan dua cara yaitu tes formatif dan tes sumatif. Upaya yang dilakukan adalah memberitahukan pengetahuan mengenai (IKM), mengikuti diklat dan bimtek serta mengadakan kelas digital, menambah fasilitas, bimbingan dan supervisi oleh kepala madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka Belajar, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dwi Ariyaningsih
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:18
Last Modified: 27 Jul 2023 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20979

Actions (login required)

View Item View Item