PENGARUH PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATRMATIS SISWA DI MADRASAH WUSTHO KARANGSUCI PURWOKERTO

Asri Maghfirotul, Fauziah (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATRMATIS SISWA DI MADRASAH WUSTHO KARANGSUCI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi 26 Juli 2023.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Brain Based Learning merupakan pembelajaran alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pembelajaran Brain Based Learning disebut dengan pembelajaran berbasis otak. Pada umumnya, cara berfikir matematika menggunakan otak kiri. Pada pembelajaran ini, adanya penyelarasan otak kanan dengan otak kiri. Otak kanan dengan pembelajaran menggunakan musik, video, gambar pembelajaran di luar kelas. Hal ini dapat menyebabkan meningkatkan cara kerja otak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang di Madrasah Wustho Karangsuci Purwokerto. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang terdiri dari dua kelas, VIII A dan VIII B dengan jenis sampel jenuh. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes pengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Analisis data pada penelitian ini adalah N-Gain. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa adanya pengaruh pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan pemecahan matematis siswa kelas VIII di Madrasah Wustho Karangsuci Purwokerto. Hal ini dapat dilihat pada hasil N-Gain. Pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan kriteria sedang sedangkan kelas kontrol dengan kriteria rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Brain Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 522 Techniques, equipment, materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Asri Maghfirotul Fauziyah sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:28
Last Modified: 28 Jul 2023 06:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20978

Actions (login required)

View Item View Item