MANAJEMEN KEGIATAN PESANTREN BAGI ANAK USIA DINI DI YAYASAN PONDOK PESANTREN TARBIYATUL AULAAD DESA TEGALKAMULYAN KECAMATAN CILACAP SELATAN KABUPATEN CILACAP

Nasikhatun, Nikmah (2023) MANAJEMEN KEGIATAN PESANTREN BAGI ANAK USIA DINI DI YAYASAN PONDOK PESANTREN TARBIYATUL AULAAD DESA TEGALKAMULYAN KECAMATAN CILACAP SELATAN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nasikhatun Nikmah_Manajemen Kegiatan Pesantren Bagi Anak Usia Dini di Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatul Aulaad Desa Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren bagi anak usia dini saat ini masih sangat langka. Hanya beberapa yang menyediakan ruang untuk anak usia dini menempuh pendidikan di Pondok Pesantren. Permasalahannya adalah terkait bagaimana anak usia dini bisa mengikuti kegiatan di Pondok Pesantren dengan baik seperti santri-santri lain pada umumnya. Oleh karena itu, pengelolaan kegiatan di Pesantren yang efektif tentunya sangat diperlukan untuk kelancaran kegiatan. Bagaimana kegiatan di Pesantren bisa untuk diikuti oleh anak usia dini dengan baik. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana manajemen kegiatan Pesantren bagi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan meotde deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah manajemen kegiatan Pesantren bagi anak usia dini. pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisi data, penulis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan manajemen kegiatan Pesantren bagi anak usia dini di Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatul Aulaad berjalan dengan baik. Manajemen kegiatan Pesantren bagi anak usia dini yang ada di Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatul Aulaad meliputi: (1) perencanaan, mulai dari merumuskan tujuan, menetapkan program kegiatan, menyusun strategi pelaksanaan, menyusun jadwal, dan menetapkan anggaran (2) pengorganisasian, terkait menetapkan penanggungjawab kegiatan, menentukan pihak yang bertugas, menetapkan tugas, memberdayakan sarana dan prasarana untuk kegiatan (3) pelaksanaan, meliputi pemberian arahan, memotivasi pihak yang terlibat kegiatan, memotivasi anak, menjalin komunikasi dengan orangtua (4) pengawasan, kegiatannya meliputi penentuan aspek penilaian, menentukan indikator keberhasilan, menentukan prosedur dan teknik program kegiatan, melaksanakan penilaian, pengambilan keputusan tingkat keberhasilan program, mendiagnosa permasalahan, dan menentukan upaya penyelesaian permasalahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen kegiatan Pesantren bagi anak usia dini di Yayasan Pondok Pesntren Tarbiyatul Aulaad sudah berjalan dengan baik. Hanya saja terdapat sedikit perbaikan khususnya dalam fungsi perencanaan, untuk melakukan penyediaan kartu khusus atau buku santri untuk pembayaran bulanan para santri, agar santri memiliki bukti pembayaran untuk dirinya sendiri dan tidak hanya rekapan yang dimiliki oleh pengurus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Manajemen, Pondok Pesantren
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: NASIKHATUN NIKMAH sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:02
Last Modified: 28 Jul 2023 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20963

Actions (login required)

View Item View Item