Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Permainan Balok di TK Diponegoro 97 Mersi Kecamatan Purwokerto Timur

Afifatul, Baroroh (2023) Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Permainan Balok di TK Diponegoro 97 Mersi Kecamatan Purwokerto Timur. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AFIFATUL BAROROH_PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK DIPONEGORO MERSI KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kreativitas yang dilakukan melalui permainan balok merupakan cara pengembangan anak dalam kemampuan penuangan ide atau gagasan pemikiran yang mampu menemukan dan menciptakan baik secara ide gagasan atau karya baru yang memiliki kemanfaatan bagi dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan pengembangan kreativitas anak melalui permainan balok di TK Diponegoro 97 Mersi kecamatan Purwokerto Timur. Jenis penelitian yang digunakan penulis untuk memecahkan permasalahan ini penulis mengambil jenis penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini penulis juga menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti memfokuskan terhadap media balok yang digunakan sebagai pengembangan kreativitas anak. Data penelitian bersumber dari kepala sekolah, guru kelas, orang tua peserta didik dan anak kelas B1 di TK Diponegoro 97 Mersi. Metode yang digunakan penulis sebagai cara untuk mengumpulkan data yaitu dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan penulis dalam mengelompokkan pengelolahan data hasil penelitian yaitu melalui reduksi data, klasifikasi data, dan verifikasi data. Melalui teknik triangulasi penulis menggunakan jenis triangulasi data di mana data yang diperoleh dari sumber penelitian, metode penelitian, dan teori penelitian sehingga mampu mencari titik tengah dalam memecahkan persoalan. Hasil penelitian menunjukan penulis mendiskripsikan bahwa kegiatan pengembangan kreativitas melalui permainan balok ini guru menggunakan cara pembelajaran dengan metode bermain secara langsung, metode pemberian contoh dan metode berkelompok. Dari kegiatan pengembangan kreativitas ini terdapat bentuk kegiatan yang dilakukan anak saat pelaksanaan permaninan balok diantaranya Pertama, membentuk susunan balok dengan menyesuaikan tema alam semesta. Kedua, bermain dalam menyempurnakan bentuk balok. Ketiga, menyusun bentuk balok sesuai imajinasi anak. Sehingga kegiatan pengembangan kreativitas anak yang dilakukan di TK Diponegoro 97 Mersi sudah tercapai sesuai indikator yang terdapat di dalam Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) yang berkaitan dengan permainan balok. Kata kunci: anak usia dini, kreativitas, permainan balok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: anak usia dini, kreativitas, permainan balok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Afifatul Baroroh sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:24
Last Modified: 27 Jul 2023 03:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20953

Actions (login required)

View Item View Item