PENCATATAN PERKAWINAN MELALUI KARTU NIKAH DIGITAL BERDASARKAN SURAT EDARAN DIREKTORAT JENDRAL BIMBINGAN MASYARAKAT ISLAM NOMOR B-2361/DT.III.II/PW.01/07/2021 PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi Atas Respon Masyarakat Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen)

Muhamad, Nasikin (2023) PENCATATAN PERKAWINAN MELALUI KARTU NIKAH DIGITAL BERDASARKAN SURAT EDARAN DIREKTORAT JENDRAL BIMBINGAN MASYARAKAT ISLAM NOMOR B-2361/DT.III.II/PW.01/07/2021 PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi Atas Respon Masyarakat Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saefuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi_muhamad Nasikin_ACC JILID1817302067.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Surat Edaran Direktoriat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam B-2361/DT.III.II/PW.01/07/2021 proses pencatatan perkawinan melalui kartu nikah digital. Pencatatan kartu nikah digital ini telah direalisasikan diseluruh Indonesia salah satunya yaitu di KUA Kecamantan Ayah Kabupaten Kebumen, perubahan pencatatan kartu nikah digital ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, evektifitas, dan meninimalisir pemalsuan dalam pengelolaan data pernikahan. Penelitian ini untuk mengetahui respon masyarakat terhadap perubahan pencatatan perkawinan melalui kartu nikah digital/terhadap perubahan ini, respon masyarakat sangat antusias dan positif mendukung adanya perubahan pencatatan kartu nikah digital. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahuai tentang mekanisme pencatatan perkawinan melalui kartu nikah digita dan menganalisis bagaimana respon masyarakat terhadap program kartu nikah digital dengan penerapan persepektif Maslahah. Penelitian ini merupakan jenis penelitan lapangan (field research). Penelitian ini dilakukan secara langsung kepada objek atau subjek penelitian untuk mendapatakan data dan diskripsi yang jelas dan konkrit tentang hal-hal yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. Sumber data primer dalam penelitaian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi yang dilakukan KUA Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Sedangkan sumber data sekundernya berasal dari literatur-literatur yang relevan sesuai dengan penelitian. Pendekatan penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan pendekatan sosiologis. Dari hasil penelitian, inovasi pencatatan kartu nikah digital ini sudah di lakukan sejak tahun 2021 di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen, masyarakat yang sudah mendapatkan kartu nikah digital sejak tahun 2021-2022 ada 1.013 peristiwa pencacatan kartu nikah digital, Sehingga kartu nikah digital dapat menjawab kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat sesuai dengan konsep Maslahah dan meningkatkan kepuasan dalam pelayanannya. Pencatatan kartu nikah digital, dapat memberikan banyak manfaat dalam hal kemudahan akses, efisiensi administrasi, dan perlindungan data khususnya pelayanan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pencatatan Perkawinan Kartu Nikah Digital, Respon Masyarakat, Maslahah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Muhamad Nasikin
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:25
Last Modified: 27 Jul 2023 04:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20952

Actions (login required)

View Item View Item