PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 KEDUNGWULUH KIDUL KECAMATAN PATIKRAJA

Ayunin, Ayunin (2023) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 KEDUNGWULUH KIDUL KECAMATAN PATIKRAJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ayunin_Pengembangan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Negeri 2 Kedungwuluh Kidul Kecamatan Patikraja.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Membaca permulaan merupakan suatu tahapan dari proses belajar membaca bagi siswa Sekolah Dasar di kelas awal yang akan menjadi bekal siswa pada tahapan membaca lanjutan. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan membaca permulaan yang dimiliki anak yaitu, faktor internal yang berupa faktor psikologis dan jasmani, serta faktor eksternal yang berupa faktor keluarga, sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan keterampilan membaca permulaan yang dimiliki anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 2 Kedungwuluh Kidul Kabupaten Patikraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan, yaitu peneliti akan turun secara langsung ke lapangan guna mengumpulkan data dari objek yang diteliti. Jenis penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan keterampilan membaca permulaan yang dilakukan di kelas I SD Negeri 2 Kedungwuluh Kidul Kecamatan Patikraja dikatakan berhasil. Terlihat dari usaha pengembangan yang dilakukan berupa pemisahan pembelajaran membaca dengan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia, penggunaan metode eja, penggunaan media pembelajaran, kerjasama dengan wali murid, pemilihan sumber belajar, dan pojok baca di dalam kelas. Setelah dilakukan usaha pengembangan, minat dan keterampilan membaca yang dimilki siswa kelas I SD Negeri 2 Kedungwuluh Kidul mengalamai peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Keterampilan Membaca Permulaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ayunin Ayunin
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:20
Last Modified: 26 Jul 2023 07:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20944

Actions (login required)

View Item View Item