PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK, KEPUASAN NASABAH, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PEMBIAYAAN DI KSPPS BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PASAR PON PURWOKERTO BARAT

Adinda, Amelia (2023) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK, KEPUASAN NASABAH, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PEMBIAYAAN DI KSPPS BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PASAR PON PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ADINDA AMELIA_PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK, KEPUASAN NASABAH DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PEMBIAYAAN DI KSPPS BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PASAR PON PURWOKERTO BARAT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

BMT merupakan salah satu lembaga industri keuangan mikro syariah yang bergerak dalam pelayanan jasa. BMT harus memberikan pelayanan terbaiknya agar dapat memenangkan persaingan yang semakin maju. Situasi ini mendorong industri keuangan harus cepat dan tanggap dalam menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya, terutama memperoleh kepercayaan nasabah serta memenuhi kebutuhan nasabah akan produk, layanan yang aman, nyaman serta mampu memberi kepuasan bagi nasabah sehingga nasabah akan loyal. Berdasarkan teori loyalitas nasabah, faktor yang mempengaruhi loyalitas yaitu kepuasan, kualitas layanan, kualitas produk, kepercayaan, citra merek, dan relasional pelanggan. Untuk itulah penelitian ini mengkaji seberapa besar pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah pembiayaan di KSPPS BMT Dana Mentari Muhammadiyah Pasar Pon Purwokerto Barat baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan membagikan kuesioner kepada nasabah pembiayaan KSPPS BMT Dana Mentari Muhammadiyah Pasar Pon Purwokerto Barat. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis linier berganda. Sampel penelitian sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedasitas. Berdasarkan hasil penelitian yang diolah menggunakan SPSS Statistics dapat diketahui bahwa pada variabel kualitas layanan dan kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah pembiayaan. Sedangkan variabel kepuasan nasabah dan kepercayaan tidak berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah pembiayaan. Pada uji R Square, menjelaskan bahwa variabel kualitas layanan, kualitas produk, kepuasan nasabah, dan kepercayaan memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah pembiayaan sebesar 43,1%. Sedangkan sisanya 56,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepuasan, kepercayaan, layanan, loyalitas, dan produk
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 108 Kinds of persons in philosophy
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Adinda Amelia
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:16
Last Modified: 27 Jul 2023 04:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20942

Actions (login required)

View Item View Item