PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA PADA KONSEP OPERASI HITUNG DI MI YA BAKII KURIPAN KIDUL KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

Sandra, Cahyaningtyas (2023) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA PADA KONSEP OPERASI HITUNG DI MI YA BAKII KURIPAN KIDUL KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SANDRA CAHYANINGTYAS_1817405041 (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Metode jarimatika merupakan metode belajar yang menyenangkan dengan teknik belajar sambil bermain dengan alat bantu jari saat penyelesaian operasi hitung. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih ada peserta didik yang belum menguasai metode jarimatika. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika menggunakan metode jarimatika pada konsep operasi hitung di MI YA BAKII Kuripan Kidul Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam proses penggunaan metode jarimatika di kelas 3, 4, dan 5 MI YA BAKII Kuripan Kidul Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap pada pembelajaran dilaksanakan sesuai RPP yang mengacu kapada pembelajaran matematika.. Proses penggunaan metode jarimatika mengacu pada langkah-langkah pembelajaran matematika, yang pertama guru harus menyiapkan RPP dan menggunakan metode jarimatika untuk pembelajaran matematika pada konsep operasi hitung. Yang kedua guru mengenalkan penggunaan metode jarimatika dan mempraktikkan penggunaan metode jarimatika kepada peserta didik. Yang ketiga guru mengevaluasi dari penggunaan metode jarimatika ini menggunakan latihan soal yang ada di dalam LKS peserta didik. Hasil pembelajaran menggunakan metode jarimatika pada peserta didik kelas 3, 4, dan 5 berdasarkan penilaian diketahui berjalan dengan baik, misalnya kemampuan peserta didik yang meningkat pada operasi hitung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Metode Jarimatika, Konsep Operasi Hitung
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sandra Cahyaningtyas
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:24
Last Modified: 27 Jul 2023 03:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20932

Actions (login required)

View Item View Item