KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB GUNA MENGEMBANGKAN MAHARAH AL-KALAM SISWA KELAS VII MTs NEGERI 8 KEBUMEN

'Ain Nur, Arifin (2023) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB GUNA MENGEMBANGKAN MAHARAH AL-KALAM SISWA KELAS VII MTs NEGERI 8 KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
'Ain_Nur_Arifin_Kreativitas_Guru[1].pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kreativitas guru sangat diperlukan sebagai upaya menghasilkan kualitas pendidikan dan pembelajaran yang baik. Guru dituntut tidak hanya mampu menguasai materi dan pembelajaran, tetapi juga harus memahami beberapa model dan desain pembelajaran guna mengembangkan keterampilan berbicara (maharah al-kalam) siswa.Beberapa masalah yang akibatnya, yaitu siswa tidak menyukai pelajaran Bahasa Arab karena pelajaran yang monoton, atau siswa kesulitan untuk mempelajari Bahasa Arab. Selain itu kurangnya antusias siswa dalam belajar dan masih ada siswa yang tidak memperhatikan dan berisik ketika diberi penjelasan materi, hal ini berakibat pada kondisi ruang kelas menjadi kurang kondusif. Skipsi ini mengkaji tentang kreativitas guru dalam pembelajaran mufrodat guna mengembangkan maharah al-kalam siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan (1) bentuk kreativitas guru, (2) perkembangan keterampilan berbicara (maharah al-kalam) siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 8 Kebumen, untuk mengetahui kompetensi guru kelas dalam lembaga tersebut.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan). Yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsunng ke lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya kreativitas guru dalam pembelajjaran mufrodat guna mengembangkan maharah al-kalam dapat dikatakan baik. Ini dapat dikatakan sebagai berikut (1) kreativitas guru adalah berbagai macam kreativitas yang dilakukan ketika mengajar, dengan mampu mengombinasikan kemampuan kreatifnya dengan metode pembelajaran, (2) maharah al-kalam siswa baik. Apalagi guru selalu media yang menarik. Hal ini terbukti dengan adanya perkembangan siswa ketika pembelajaran mufrodat maharah al-kalam menguasai sedikit demi sedikit. Rekomendasi peneliti dalam kreativitas guru dalam pembelajaran mufrodat perlu adanya kerjasama antara pihak sekolah, guru, dan murid. Adanya siswa yang belum lancar membaca dan menulis teks Arab serta minimnya pengetahuan siswa tentang Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas guru, pembelajaran mufrodat, maharah al-kalam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ain Nur Arifin sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:42
Last Modified: 28 Jul 2023 01:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20923

Actions (login required)

View Item View Item