ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH KANTOR LAYANAN CILONGOK PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARĪʿAH

Rafika, Rafika (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH KANTOR LAYANAN CILONGOK PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARĪʿAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Rafika_ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH KANTOR LAYANAN CILONGOK PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARĪʿAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran merupakan hal yang penting bagi perusahaan, dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. BMT Dana Mentari Muhammadiyah Cilongok adalah lembaga keuangan non bank yang melayani penghimpunan dana dan penyaluran dana dari masyarakat, untuk mempertahankan dan meningkatkan pendapatan maka perusahaan harus memiliki strategi yang baik dalam memasarkan produknya. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian terkait strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan BMT Dana Mentari Muhammadiyah Kantor Layanan Cilongok perspektif Maqāṣid Syarīʿah. Tujuannya untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan BMT Dana Mentari Muhammadiyah Kantor Layanan Cilongok perspektif Maqāṣid Syarīʿah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui wawancara dengan manager dan marketing BMT Dana Mentari Muhammadiyah Cilongok. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku, jurnal, internet, literatur, dan lainnya. Adapun metode pengumpalan data dalam penilitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dandokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa strategi pemasarannya menggunakan strategi segmentasi, target dan posisi. Serta strategi bauran pemasaran yang digunakan yaitu strategi produk, tempat, harga dan promosi. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan perspektif Maqāṣid Syarīʿah dengan tercapainya 5 hal yaitu ḥifẓud-dīn, ḥifẓun-nafs, ḥifẓul-aql, ḥifẓul-māl, ḥifẓun-nasl dalam ekonomi menjadi 3 hal yang disebut Maqāṣid Syarīʿah Index yaitu Tahdzib al-Fard ditunjukkan dengan edukasi/sosialisasi terhadap produk dan mekanisme yang ditawarkan BMT, Iqamah al-Adl ditunjukkan dengan pembagian margin, dan Jalb al-Maslahah ditunjukkan dengan menciptakan kesejahteraan umat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : strategi pemasaran, pendapatan, BMT Dana Mentari Muhammadiyah Cilongok, Maqāṣid Syarīʿah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Rafika Rafika
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:39
Last Modified: 27 Jul 2023 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20917

Actions (login required)

View Item View Item