PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIC BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD MATH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAGUYANGAN

Amaliah Putri, Debby (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIC BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD MATH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAGUYANGAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DEBBY AMALIAH PUTRI_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD MATH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kemampuan pemecahan masalah matematis yang masih rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil tes pendahuluan yang dilakukan kepada kelas VII SMP Negeri 1 Paguyangan dengan rata-rata nilai 44,27. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perlu ada pembaharuan didalam model dan media pembelajaran yang digunakannya. Model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan hendaknya dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan membuat siswa lebih tertarik dalam belajar. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran logan avenue problem solving (Laps)-Heuristic berbantuan media flash card math untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII. Jenis penelitiannya yaitu kuantitatif dengan jenis eksperimen Quasi (Quasy-Experimental Design) dan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam peneitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paguyangan yang berjumlah 330 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dan hasil yang diperoleh yaitu kelas VII G (kelas eksperimen) dan kelas VII H (kelas kontrol) dengan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal uraian yang terdiri dari pretest dan posttest. Hasil penelitian ini adalah rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran logan avenue problem solving (LAPS)-Heuristic berbantuan media flash card math lebih dari yang tidak diberi model pembelajaran tersebut yaitu dilihat dari uji t dua sampel independen dengan hasil signifikansi 0,000 ≤ 0,05 maka terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model pembelajaran logan avenue problem solving (LAPS)-Heuristic berbantuan media flash card math dinyatakan cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan diperoleh hasil persentase rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 66,47% dan kelas kontrol sebesar 25,30% dengan tafsiran tidak efektif. Kata Kunci : LAPS-Heuristic, Media Flash card Math, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LAPS-Heuristic, Media Flash card Math, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Debby Amaliah Putri
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:26
Last Modified: 26 Jul 2023 06:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20914

Actions (login required)

View Item View Item