IMPLEMENTASI ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) PADA EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMK MA'ARIF 1 KEBUMEN

Veni, Azitian (2023) IMPLEMENTASI ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) PADA EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMK MA'ARIF 1 KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VENI AZITIAN 1917401025 MPI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan sistematis dan berkelanjutan guna mengetahui pencapaian peserta didik setelah mengikuti aktivitas pembelajaran dalam kurun waktu tertentu. Pemakaian kertas dalam kegiatan evaluasi pembelajaran dianggap kurang efisien dan tidak ramah lingkungan karena menghasilkan limbah kertas berlebih. Hadirnya ICT (Information and Communication Technology) dalam dunia pendidikan dapat dijadikan sebagai media evaluasi pembelajaran pengganti kertas (Paper Based Test). Sebagaimana SMK Ma’arif 1 Kebumen yang mengimplementasikan kemajuan ICT dalam evaluasi pembelajaran sumatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses implementasi ICT dalam kegiatan evaluasi pembelajaran di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Penelitian ini mengggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan datanya. Subjek yang diwawancarai adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, panitia evaluasi pembelajaran, koordinator tim IT, dan pengawas. Adapun objeknya adalah perangkat ICT yang digunakan dalam persiapan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran serta pengelolaan hasil evaluasi pembelajaran. Hasil temuan dalam penelitian ini yakni penggunaan perangkat ICT berbentuk aplikasi Mar-One dengan sistem CBT Online dan CBT Offline sebagai media evaluasi pembelajaran. Software yang digunakan dalam tahap persiapan dan pasca evaluasi pembelajaran yakni Microsoft Word dan PDF dalam pembuatan soal evaluasi pembelajaran, Microsoft Excel dalam pengelolaan hasil evaluasi pembelajaran, serta aplikasi Whatsapp untuk mengirim naskah soal evaluasi pembelajaran dan pendistribusian hasil evaluasi pembelajaran. Hardware utama yang digunakan dalam kegiatan evaluasi pembelajaran adalah smartphone peserta didik untuk mengakses aplikasi Mar-One. Hardware pendukungnya seperti flashdisk, komputer server, komputer (PC), laptop, kabel LAN, router, dan access poin. Kelebihan aplikasi Mar-One seperti naskah soal dan jawaban soal pilihan ganda berbentuk digital, urutan soal evaluasi dalam aplikasi Mar-One dibuat berbeda antar peserta didik, peserta didik tidak dapat membuka aplikasi lain, dan pengoreksian jawaban pilihan ganda dilakukan secara otomatis. Kekurangannya seperti aplikasi Mar-One hanya dapat diinstal pada device Android minimal versi 4.4, aplikasi Mar-One belum mendukung dalam penyetingan jawaban soal essay, komputer server dan jaringan intranet tidak stabil, serta mengandalkan tegangan listrik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ICT, Evaluasi Pembelajaran, dan SMK Ma’arif 1 Kebumen
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Veni Azitian sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:43
Last Modified: 27 Jul 2023 03:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20906

Actions (login required)

View Item View Item