ANALISIS SUSTAINABILITY USAHA YANG BERWAWASAN EKONOMI LINGKUNGAN PADA PRODUKSI FURNITURE (STUDI KASUS PADA CV KAMITETEP DI DESA DAWUHAN)

Nadia Dita, Prasanti (2023) ANALISIS SUSTAINABILITY USAHA YANG BERWAWASAN EKONOMI LINGKUNGAN PADA PRODUKSI FURNITURE (STUDI KASUS PADA CV KAMITETEP DI DESA DAWUHAN). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Syaifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nadia Dita P_Analisis Sustainability Usaha yang Berwawasan Ekonomi Lingkungan pada Produksi Furniture (Studi Kasus pada CV Kamitetep di Desa Dawuhan Banyumas).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan menjadi harapan besar bagi individu atau sekelompok individu yang tergabung dalam lingkup keikutsertaan membangun suatu usaha. Industri furniture merupakan industri yang mengubah bahan baku dari kayu menjadi barang jadi yang memiliki desain dan nilai lebih. Furniture tidak terlepas dari bahan baku kayu yang merupakan sumber daya alam yang menyokongnya maka harus dimanfaatkan dan diatur untuk menopang kehidupan manusia. Pada pemanfaatan sumber daya alam diperlukan pengelolaan yang baik supaya kelangsungan sumber daya alam bisa menjadi kesesuaian secara sustainabilitas dan saling memberikan keuntungan antara sumber daya alam bisa lestari dan manusia sebagai pengguna, tanpa harus merusak alam sekitarnya akan mendapatkan manfaat. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen produksi, sustainability usaha produksi furniture dan wawasan ekonomi lingkungan pada CV Kamitetep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan pada CV Kamitetep. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan teknik pemeriksaan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa manajemen produksi pada CV Kamitetep telah sesuai dengan alur produksi dalam islam, menggunakan prinsip produksi yang bertujuan dunia & akhirat dalam ekonomi islam dan sudah menggunakan faktor faktor produksi. Sustainability usaha pembuatan furniture di CV Kamitetep bisa terbilang sudah berkelanjutan. Pemilik usaha ini memilih dan memperhatikan pemasok kayu dengan cara menerima bahan baku yang mempunyai surat izin penebangan demi kelestarian hutan (lingkungan) dan memperhatikan sustainabilitY di masa mendatang. Sedangkan masalah limbah yang dihasilkan pun diminimalisir tidak mencemari lingkungan dikarenakan pemilik usaha berusaha mengelola limbah supaya tidak mencemari lingkungan sekitarnya dengan cara menjual kembali serbuk kayu ke pembuat tahu dan balok kayu diubah menjadi hiasan atau diambil warga sekitar untuk bahan bakar atau juga dibakar mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sustainability Usaha, Furniture, Ekonomi Lingkungan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nadia Dita Prasanti sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:10
Last Modified: 27 Jul 2023 01:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20903

Actions (login required)

View Item View Item