IMPLEMENTASI METODE BUZZ GROUP DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA

MIFTAH, DHANI SETYAWATI (2023) IMPLEMENTASI METODE BUZZ GROUP DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Miftah Dhani Setiyawati_Implementasi Metode Buzz Group dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu perangkat pembelajaran yang mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran adalah metode pembelajaran. Pemilihan metode yang salah dapat menghambat dalam penyampaian materi. Siswa menjadi tidak memperhatikan dengan baik dan cenderung tidak tertarik pada proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran PAI yang berlangsung saat ini, dimana guru hanya menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi seorang pendidik dalam pembelajaran PAI melalui metode Buzz Group di SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti mendeskripsikan implementasi metode Buzz Group dalam pembelajaran PAI. Dalam pelaksanaannya, subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Bawang, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bawang, serta peserta didik SMA Negeri 1 Bawang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah implementasi metode Buzz Group dalam pembelajaran PAI. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Buzz Group dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara, maka peneliti mendeskripsikan hasil implementasi metode Buzz Group di SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Langkah-langkah metode Buzz Group yang digunakan dalam pembelajaran PAI sudah tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Buzz Group, Pembelajaran PAI, SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftah Dhani Setiyawati sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:36
Last Modified: 26 Jul 2023 03:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20902

Actions (login required)

View Item View Item