PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN PAGI SEBELUM KBM DI MIN 1 BANYUMAS

Nurul, Lathifah (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN PAGI SEBELUM KBM DI MIN 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nurul Lathifah_Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Pagi Sebelum KBM di MIN 1 Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis upaya penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan pagi sebelum Kegiatan Belajar Mengajar di MI Negeri 1 Banyumas. Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap pentingnya pembentukan karakter yang kuat dalam diri siswa dan pengakuan bahwa kegiatan pagi memiliki potensi yang besar untuk membentuk karakter yang baik pada setiap siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan melalui observasi langsung dan wawancara semi terstruktur. Data penelitian dikumpulkan dari berbagai sumber yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru, dan siswa. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan metode analisis isi (content analysis) dan wawancara yang dideskripsikan pada bentuk tulisan dan dikomparasikan dengan pemikiran teori-toeri yang ada relevansinya dengan materi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pagi di MI Negeri 1 Banyumas memiliki nilai-nilai karakter yang kaya dan beragam, seperti nilai religius, tanggung jawab, disiplin, gemar membaca, kerjasama, komunikatif/bersahabat, kreatif, kerja keras, dan peduli sosial. Beberapa kegiatan pagi yang dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai untuk menanamkan nilai-nilai karakter ini yaitu, berdoa bersama sebelum belajar, membaca asmaul husna, melakukan sholat dhuha, mengaji Iqro’, hafalan suratan bersama, setoran hafalan suratan, menulis huruf hijaiyah, hafalan doa-doa bersama, dan setoran hafalan doa-doa harian. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang pentingnya memanfaatkan kegiatan pagi sebagai sumber pembentukan karakter yang baik sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Implikasi dari penelitian ini adalah mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter melalui kegiatan pagi dalam konteks pembentukan karakter di MI Negeri 1 Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penanaman, nilai-nilai karakter, kegiatan pagi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Lathifah sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:54
Last Modified: 26 Jul 2023 06:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20900

Actions (login required)

View Item View Item