BIMBINGAN PRIBADI ISLAMI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSI SD PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA

Alfian Zaefani, NIM. 1123101018 (2016) BIMBINGAN PRIBADI ISLAMI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSI SD PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ALFIAN ZAEFANI_BIMBINGAN PRIBADI ISLAMI BAGI ANAK-ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSI SD PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Bimbingan pribadi Islami untuk anak berkebutuhan khusus di kelas inklusi SD Purba Adhi Suta Purbalingga adalah layanan bimbingan pribadi Islami adalah salah satu kegiatan layanan bimbingan untuk siswa agar dapat menemukan dan mengembangkan pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, mantap dan mandiri serta sehat jasmani dan rohani mandiri serta mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki sesuai dengan ajaran agama Islam agar siswa yang memiliki keterbatasan secara fisik maupun mental (autisme, lambat belajar, tuna grahita, disleksia, diskalkulia, dan hiperakatif) mampu mengatasi kesulitannya dengan kemampuan yang ada pada dirinya sendiri melalui dorongan dan kekuatan iman dan takwa kepada Allah di SD Purba Adhi Suta Purbalingga. .Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan bimbingan pribadi Islam untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang dilaksanakan di kelas inklusi SD Purba Adhi Suta Purbalingga? Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulkan data: (1) Metode Observasi digunakan untuk untuk mengetahui secara langsung pelaksanaan Bimbingan Pribadi Islami, (2) Metode Wawancara dilakukan untuk mengetahui perencanaan atau program, pelaksanaan, dan evaluasi Bimbingan Pribadi Islami, (3) Metode Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang sejarah berdiri, keadaan siswa, guru, dokumen program, pelaksanaan dan evaluasi program Bimbingan Pribadi Islami yang dilaksanakan di SD Purba Adhi Suta Purbalingga. Analisis data adalah analisis kualitatif dengan teknik analisis yang digunakan adalah analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan Bimbingan Pribadi Islami untuk Anak Berkebutuhan Khusus sudah dilaksanakan dengan baik. Diawali dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Untuk perencanaan dilakukan dari segi personal; fasilitas dengan menyediakan fasilitas yang mendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam; dan penyusunan program yang meliputi layanan bimbingan pribadi islami yang meliputi, layanan informasi, layanan penempatan, layanan pembelajaran, layanan konseling pribadi, dan bimbingan kelompok.. Evaluasi dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran di sekolah yaitu bersamaan dengan kegiatan konferensi kasus dengan cara masing-masing guru pendamping melaporkan kegiatan dan melaporkan kejadian- kejadian yang dialami hari itu. Kemudian dari laporan-laporan itu, konselor dapat memberikan masukan-masukan atas kejadian yang ada. Kata Kunci: Bimbingan Pribadi Islami, Anak Berkebutuhan Khusus, Inklusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.3 Service of Mental Retardation
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.4 Service of People with Physical Disabilities
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:37
Last Modified: 14 Jun 2016 06:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item