PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA (STUDI KASUS DI DESA KARANGSALAM LOR BATURRADEN BANYUMAS)

Regas, Rizky Sentosa (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA (STUDI KASUS DI DESA KARANGSALAM LOR BATURRADEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
REGAS RIZKY SENTOSA_PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA (Studi Kasus di Desa Karangsalam Lor Baturraden Banyumas).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan modal pembangunan berakar kerakyatan yang berupaya untuk meningkatkan harkat serta martabat sebagian dari masyarakat kita yang terperangkap pada kemiskinan dan keterbelakangan. Pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan melalui desa wisata, dalam bentuk penerapan pembangunan pariwisata berbasis masyarakat dan berkelanjutan. Banyaknya desa wisata di Banyumas, peneliti tertarik menjadikan desa wisata Karangsalam Lor Baturraden sebagai objek penelitian, melihat potensi perkembangan desa wisata yang bagus dan pesat, yang notabennya merupakan desa wisata baru di daerah Banyumas, dengan harapan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat disekitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Researh) secara langsung dari masyarakat melalui wawancara, dokumentsi dan alat lainya. Adapun sifat penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data primer dari penelitian ini diperoleh dari data langsung ketua Bumdes, ketua Pokdarwis dengan cara melakukan wawancara kepada pihak yang terkait. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan yang ada di Desa Karangsalam Lor yang bergerak pada sektor pariwisata, menghasilkan kesejahteraan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, Serta dengan adanya desa wisata membuat masyarakat sibuk dan mempunyai pekerjaan sendiri, serta melibatkan partisipasi serta dapat memberdayaakan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat, dan Desa Wisata
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: REGAS RIZKY SENTOSA sdr
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:22
Last Modified: 26 Jul 2023 01:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20889

Actions (login required)

View Item View Item