STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 PURBALINGGA

wina, istiqomah (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WINA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Strategi pembelajaran dapat dipahami sebagai suatu cara, seperangkat cara, teknik yang dilakukan dan ditempuh oleh seorang guru atau siswa dalam melakukan upaya terjadinya suatu perubahan tingkah laku atau sikap agar tercapainya tujuan pembelajaran. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran wajib yang ada di semua jenjang sekolah. Tujuan adanya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah untuk membimbing dan mendidik peserta didik untuk memahami segala perbuatan dan perkataan sesuai syariat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang digunakan di SMP Negeri 3 Purbalingga. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang digunakan di SMP Negeri 3 Purbalingga tidak hanya menggunakan satu strategi saja tetapi terdapat berbagai strategi yang digunakan. Strategi yang digunakan seperti: strategi mengakrabkan kembali, strategi pikiran penuh tanya, strategi pemberitaan, strategi teka-teki silang, strategi pencocokan kartu index, strategi pencarian informasi, strategi pemberian pembelajaran antar siswa, strategi galeri belajar, strategi pertukaran kelompok dengan kelompok, strategi kritikus tayangan video, strategi teka-teki silang, strategi memperagakan caranya. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam LEARNING STRATEGY OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN SMP NEGERI 3 PURBALINGGA Wina Istiqomah 1817402256 Abstract: Learning strategy can be understood as a way, a set of ways, or a set of techniques carried out and used by a teacher or student in the attempt to make a change in behavior or attitude in order to achieve the goal of learning. Religious education is a compulsory subject that exists in all schools. The purpose of Islamic Education is to guide and educate students to understand all deeds and words in accordance with Islamic law. The study aims to describe and analyze the application of Islamic Religious Education learning strategies used in SMP Negeri 3 Purbalingga. This research is included in field research using descriptive and qualitative approaches. The data collection methods used are observation, interview, and documentation. The analytical methods used are data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the application of Islamic Religious Education learning strategies used in SMP Negeri 3 Purbalingga do not only use one strategy, but there are various strategies that are used. Strategies used include familiarizing strategies, question-filled mind strategies, communication strategies, cross-puzzle strategies, index card matching strategies, information search strategies, student-to-student learning strategies, learning gallery strategies, group exchange strategies with groups, video screen critical strategies, and cruciate puzzle strategies. Keywords: Learning strategy, Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wina Istiqomah sdri
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:01
Last Modified: 31 Jul 2023 02:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20884

Actions (login required)

View Item View Item