Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Teknokrat Boarding School Kawunganten

Maidah, Wihdatul Muna (2023) Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Teknokrat Boarding School Kawunganten. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Maidah Wihdatul Muna_Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Teknokrat Boarding School Kawunganten.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan-kegiatan peningkatan mutu pendidikan tidak pernah lepas dari usaha mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Strategi peningkatan mutu pendidikan, perlu di-manage dengan baik sehingga seluruh komponen pendidikan dapat berjalan menuju arah yang dituangkan dalam visi misi lembaga pendidikan. Tujuan dari meneliti manajemen strategi peningkatan mutu pendidikan di SMP Teknokrat Boarding School adalah untuk mengetahui sejaug mana pelaksanaan proses manajemen terhadap strategi peningkatan mutu pendidikan di oleh segenap unsur pendidik dan tenaga kependidikan disana. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasi mengenai objek penelitian didapatkan dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, serta staff tata usaha. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yakni triangulasi data yang dilakukan dengan cara membandingkan kebenaran informasi dari lain yang berbeda. Dalam analisis data melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian terkait manajemen strategi peningkatan mutu pendidikan di SMP Teknokrat Boarding School Kawunganten, dikelompokkan sesuai tugas pokok dan fungsi struktural tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di SMP Teknokrat Boarding School, yang meliputi kegiatan perencanaan strategi, pengorganisasian strategi, pelaksanaan strategi, serta evaluasi strategi. Ditemukan juga faktor pendukung dan penghambat manajemen peningkatan mutu pendidikan, serta analisis mutu pendidikan SMP Teknokrat Boarding School terhadap 8 Standar Nasional Pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen strategi, peningkatan mutu, standar nasional pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maidah Muna sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:11
Last Modified: 26 Jul 2023 08:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20883

Actions (login required)

View Item View Item