STEREOTIP GENDER TERHADAP KEPEMIMPINAN PAUD LAKI-LAKI DI RA PERWANIDA TAMANSARI KARANGLEWAS BANYUMAS

Ma'rifah, Lindasari (2023) STEREOTIP GENDER TERHADAP KEPEMIMPINAN PAUD LAKI-LAKI DI RA PERWANIDA TAMANSARI KARANGLEWAS BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MA'RIFAH LINDASARI_STEREOTIP GENDER TERHADAP KEPEMIMPINAN PAUD LAKI-LAKI DI RA PERWANIDA TAMANSARI KARANGLEWAS BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya sosok yang berperan sebagai pendidik di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah perempuan, sementara laki-laki dianggap kurang sesuai sebagai pendidik di lembaga PAUD. Fenomena langkanya laki-laki yang menjadi guru PAUD menjadikan masyarakat beranggapan bahwa biasanya yang menjadi guru PAUD adalah perempuan. Artinya, terdapat anggapan baku dalam masyarakat terhadap kepantasan perempuan untuk mengajar anak-anak usia dini, hal tersebut merupakan bentuk stereotip gender. Dalam kenyataannya sebuah profesi itu tidak berkaitan dengan identitas gender seseorang. Artinya siapapun boleh memilih profesi tersebut, menjadi guru PAUD atau menjadi kepala PAUD adalah yang terpenting bagaimana kepemimpinannya, karena keberhasilan suatu lembaga pendidikan juga di tentukan bagaimana karakteristik kepemimpinannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan pandangan guru mengenai kepemimpinan kepala PAUD di RA Perwanida Tamansari Karanglewas Banyumas. Peneliti menggunaan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala RA Perwanida Tamansari, dan Guru RA Perwanida Tamansari. Objek dari penelitian ini adalah Opini guru tentang kepemimpinan kepala PAUD di RA Perwanida Tamanasari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan guru perempuan terhadap kepemimpinan kepala RA Perwanida Tamansari Karanglewas Banyumas dinilai positif. Hal ini dapat dibuktikan dengan aktifitas kepala sekolah dalam memberdayakan guru yaitu: pertama, dalam merencanakan Program kepala sekolah selalu mengadakan pembinaan dengan para guru; kedua, dalam proses komunikasi kepala RA Perwanida ,merinci seluruh program dan membagi tugas kepada masing-masing guru: ketiga, dalam proses kepemimpinannya kepala RA Perwanida menggunakan karakteristik yang dimilikirinya untuk menggerakkan para anggota; keempat dalam mengambil kebijakan kepala RA Perwanida selalu melibatkan para anggota. Kata Kunci: Kepala PAUD, Kepemimpinan, Stereotip Gender

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepala PAUD, Kepemimpinan, Stereotip Gender
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ma'rifah Lindasari sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:26
Last Modified: 26 Jul 2023 08:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20880

Actions (login required)

View Item View Item