Peran Guru Dalam Mengembangkan Minat Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Cipaku Purbalingga

Ila, Nurngaisah (2023) Peran Guru Dalam Mengembangkan Minat Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Cipaku Purbalingga. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ILA NURNGAISAH FIX-1917405133-PGMI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Peran guru merupakan bagian yang paling pokok dari tugas seorang guru dalam menjalankan tugasnya baik yang berkaitan dengan sekolah ataupun siswanya. Salah satu tugas yang dimiliki guru ialah dalam mengembangkan minat siswa. Tentu banyak hal yang bisa dilakukan guru seperti dalam memotivasi dan mengenal lebih dekat kepribadian siswa. Hal ini dikarenakan minat merupakan suatu proses yang memfokuskan diri pada sesuatu yang diminatinya dengan perasaan senang dan rasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan minat siswa kelas 5 di SD Negeri 1 Cipaku serta untuk mengetahui kendala yang harus dihadapi oleh guru dalam mengembangkan minat siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini ada kepala sekolah, wali kelas 5, dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan yang dimiliki oleh guru sangat berpengaruh besar terhadap pengembangan minat yang dimiliki oleh siswa dari mulai pengadaan program serta pelaksanaan pengembangan minat di sekolah, mengetahui bentuk minat siswa, sikap guru dengan memberikan motivasi pada siswa, mengikutsertakan siswa dalam perlombaan sehingga dari minat yang dimiliki oleh siswa dapat menambah catatan prestasi siswa di sekolah. Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengembangkan minat siswa masih minimnya tenaga ahli dalam berbagai bidang minat. Kendala lain yang sering dialami guru yaitu masih kurangnya sarana prasarana yang memadai. Kata kunci: Peran Guru, Tugas Guru, Minat Abstract: The teacher's role is the most basic part of a teacher's duties in carrying out his duties both related to the school and his students. One of the tasks that the teacher has is to develop students' interests. Of course, there are many things that teachers can do, such as in motivating and getting to know students' personalities more closely. This is because interest is a process that focuses on something he is interested in with feelings of pleasure and satisfaction. This study aims to determine the teacher's role in developing the interest of grade 5 students at SD Negeri 1 Cipaku and to find out the obstacles that must be faced by the teacher in developing student interest. This study uses a qualitative approach and descriptive research type. The subjects of this study were school principals, grade 5 homeroom teachers, and students. The results showed that the role of the teacher greatly influenced the development of students' interests, starting from procuring programs and implementing the development of interests in schools, knowing the forms of student interest, the teacher's attitude by providing motivation to students, involving students in competitions so that from interest owned by students can add to the record of student achievement at school. As for the obstacles faced by teachers in fostering student interest there is still a lack of experts in various fields of interest. Another obstacle that is often experienced by teachers is the lack of adequate infrastructure. Keywords: Teacher's Role, teacher's assignment, Interest

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Tugas Guru, Minat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ila Nurngaisah sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:48
Last Modified: 26 Jul 2023 01:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20878

Actions (login required)

View Item View Item