Analisis Semiotika Nilai-Nilai Toleransi Beragama Dalam Film "Bumi Itu Bulat" Karya Robert Ronny Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce)

Hendhi, Prayoga (2023) Analisis Semiotika Nilai-Nilai Toleransi Beragama Dalam Film "Bumi Itu Bulat" Karya Robert Ronny Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Hendhi Prayoga_Analisis Semiotika Nilai-Nilai Toleransi Beragama Dalam Film Bumi Itu Bulat Karya Robert Ronny Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Toleransi beragama diartikan sebagai sebuah sikap menerima, menghormati, mengakui, dan menghargai keyakinan agama orang lain tanpa adanya syarat tertentu. Sikap ini meliputi semua hal dalam kehidupan, baik urusan didalam ritual keagamaan maupun kehidupan sosial. Indoensia yang merupakan negara multikultural tetntunya memiliki banyak masalah karena keberagamannya tersebut. Terbukti rentetan masalah intoleransi beragama ramai terjadi akhir-akhir ini. Maka, perlu ditanamkan kepada semua lapisan masyarakat tentang toleransi beragama khsususnya untuk generasi muda. Terdapat banyak cara penanaman toleransi beragama ini, salah satunya melalui bidang Pendidikan dan menjadikan film sebagai salah satu medianya. Film dapat memberikan pengetahuan dan pembelajaran mengenai nilai-nilai toleransi beragama dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami, sebagai contoh yakni film “Bumi Itu Bulat” karya Robert Ronny yang banyak mencohkan kasus intoleransi, sikap dan cara bertoleransi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengetahui nilai-nilai toleransi beragama yang terkandung dalam film “Bumi Itu Bulat” karya Robert Ronny yang kemudian di relevansikan dengan Pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer yakni film “Bumi Itu Bulat”, hasil wawancara dengan produser film dan sumber data sekunder berupa buku-buku, internet, dokumen-dokumen seperti artikel, jurnal, dan sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara serta pengamatan (observasi), serta metode analisis data yang digunakan adalah metode analisi semiotika milik Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian dari nilai-nilai toleransi beragama yang terkandung dalam film “Bumi Itu Bulat” karya Robert Ronny yang perlu diketahui, dipahami, dan di implementasikan dalam kehidupan yakni: 1) Nilai agree in disagreement (setuju pada perbedaan) 2) Nilai menghormati keykainan orang lain 3) Nilai memelihara dan mempererat persaudaraan 4) Nilai saling menghargai antar umat beragama. Film “Bumi Itu Bulat” dan Nilai-nilai toleransi beragama didalamnya dan film “Bumi Itu Bulat” karya Robert Ronny memiliki relevansi dengan Pendidikan Islam. Kata Kunci: Film “Bumi Itu Bulat”, Nilai Toleransi Beragama, Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Film “Bumi Itu Bulat”, Nilai Toleransi Beragama, Pendidikan Islam.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hendhi Prayoga sdr
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:25
Last Modified: 26 Jul 2023 03:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20876

Actions (login required)

View Item View Item