ANALISIS PERAN KOPERASI SIMPAN PINJAM DALAM MENSEJAHTERAKAN UMKM MELALUI BANTUAN PRODUK PINJAMAN (STUDI KASUS KOSPIN JASA SYARIAH CABANG KABUPATEN PURBALINGGA)

Amira, Aisy (2023) ANALISIS PERAN KOPERASI SIMPAN PINJAM DALAM MENSEJAHTERAKAN UMKM MELALUI BANTUAN PRODUK PINJAMAN (STUDI KASUS KOSPIN JASA SYARIAH CABANG KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AMIRA ROHADTUL AISY_ANALISIS PERAN KOPERASI SIMPAN PINJAM DALAM MENSEJAHTERAKAN UMKM MELALUI BANTUAN PRODUK PINJAMAN (STUDI KASUS KOSPIN JASA SYARIAH CABANG KABUPATEN PURBALINGGA).pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Banyaknya koperasi yang berkembang di Indonesia sering kali mengalami permasalahan khususnya terkait dengan akses permodalan. Terbukti dengan banyaknya lembaga keuangan di sektor perbankan yang masih kurang maksmial dalam memberikan pembiayaan pada sektor UMKM. Adapun beberapa kendala yang menghambat akses UMKM dalam pembiayaan salah satunya adalah pencatatan laporan keuangan dan masalah legalitas UMKM. Karena sulitnya mendapat perkreditan di lembaga perbankan, maka banyak pelaku UMKM mengajukan pembiayaan di lembaga keuangan non Bank, yakni di Koperasi Simpan Pinjam Syariah Jasa” Cabang Kabupaten Purbalingga yang berperan dalam mensejahterakan UMKM Penelitian ini menerapkan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan dengan subjek penelitian adalah anggota koperasi, manajer bagian pembiayaan, karyawan dan Pimpinan Kospin Jasa Syariah Cabang Kabupaten Purbalingga. Kemudian untuk metode analisis data yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kospin Jasa Syariah Cabang Kabupaten Purbalingga memberikan peran penting dalam mensejahterakan UMKM melalui bantuan produk pembiayaan berupa Murabahah, Ijarah dan Musyarakah. Dalam mensejahterakan UMKM Kospin Jasa Syariah memberikan fasilitas berupa pemberian modal kerja, pemenuhan kebutuhan permodalan anggota dan jalinan relasi dengan pihak lain seperti lembaga keuangan dan pelaku usaha. Adanya pembiayaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa telah tercipta kesejahteraan pada pelaku usaha mikro. Namun dalam kurun waktu tiga tahun terakhir jumlah UMKM yang mengakses pembiayaan ini sangat sedikit sehingga pembiayaan terhadap UMKM belum maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Koperasi, UMKM, Bantuan Produk Pinjaman
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Amira Rohadatul Aisy sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:54
Last Modified: 26 Jul 2023 06:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20874

Actions (login required)

View Item View Item