PERAN ORANG TUA DALAM PENGENALAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA DINI DI DESA KALISALAK KEC. KEBASEN KAB. BANYUMAS

Banatinnasi, Nafsah (2023) PERAN ORANG TUA DALAM PENGENALAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA DINI DI DESA KALISALAK KEC. KEBASEN KAB. BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
BANATINNASI NAFSAH (1817406010)- skripsii-2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Memberikan pendidikan kepada anak merupakan suatu keharusan dan kewajiban bagi setiap orang tua, terlebih dalam mengenalkan membaca dan menulis anak usia dini. Karena pentingnya ketrampilan membaca dan menulis anak usia dini yang bertujuan untuk mempersiapkan anak ke jenjang selanjutnya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peran orang tua dalam pengenalan membaca dan menulis permulaan anak usia dini di Desa kalisalak. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian lapangan. Objek penelitiannya bagaimana peran orang tua dalam pengenalan membaca dan menulis permulaan anak usia dini di Desa Kalisalak, sedangkan subjeknya orang tua dan anak. Metode pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi; Peneliti menggunakan observasi partisipasif, wawancara; Wawancara yang dilakukan dengan narasumber yaitu orang tua di Desa Kalisalak dan dokumentasi; data yang dapat diinformasikan yang berkaitan tentang fokus penelitian, kemudian untuk analilis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa orang tua mempunyai peran dalam pengenalan membaca dan menulis permulaan anak usia dini di Desa Kalisalak. Dalam pengenalan membaca dan menulis anak usia dini, peran orang tua diantaranya yaitu peran sebagai pembimbing dan mendidik anak; orang tua sebagai pembimbing dan mendidik anak yaitu menyisihkan sedikit waktunya untuk membimbing anak dalam belajar, memberikan kepada anak sebuah bantuan saat sedang mengalami kesulitan belajarnya. Peran orang tua sebagai guru dan teladan anak; peran orang tua sebagai guru dan teladan anak yaitu menyediakan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca dan menulis, peran orang tua sebagai fasilitator; peran orang tua sebagai fasilitator yaitu menyediakan fasilitas belajar baik berupa tempat belajar, alat tulis, buku-buku pelajaran, dan lain-lain yang dapat memudahkan proses belajar membaca dan menulis. peran orang tua sebagai motivator ; peran orang tua sebagai motivator yaitu orang tua harus memberikan dorongan dalam semua aktivitas anak, misalnya dengan memberikan perhatian, hadiah, dan penghargaan apabila anak berhasil dalam ujian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Membaca dan Menulis Permulaan, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Banatinnasi Nafsah
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:32
Last Modified: 27 Jul 2023 03:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20873

Actions (login required)

View Item View Item