PENGARUH FAKTOR MODAL USAHA, LOKASI USAHA DAN JUMLAH VARIASI BARANG DAGANGAN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus Pedagang di Pasar Wage Purwokerto)

Intania, Dea Ramadhani (2023) PENGARUH FAKTOR MODAL USAHA, LOKASI USAHA DAN JUMLAH VARIASI BARANG DAGANGAN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus Pedagang di Pasar Wage Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
INTANIA DEA RAMADHANI_PENGARUH FAKTOR MODAL USAHA, LOKASI USAHA DAN JUMLAH VARIASI BARANG DAGANGAN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus Pedagang di Pasar Wage Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di tengah maraknya pasar modern di Kabupaten Banyumas, terdapat pasar tradisional yang masih mampu menujukkan eksistensinya di tengah kota Purwokerto hingga saat ini yaitu Pasar Wage Purwokerto. Pasar tradisional berperan penting bagi masyarakat dan daerah setempat. Pangsa pasar dan kinerja pasar tradisional di Indonesia saat ini semakin menurun, yang berdampak pada penurunan pendapatan pedagang. Dalam mencapai pendapatan yang maksimal, terdapat faktor seperti modal usaha, lokasi usaha, jumlah variasi barang dagangan, dan faktor lainnya. Modal merupakan faktor penting dalam menjalankan suatu usaha. Lokasi usaha juga menjadi faktor lain yang mempengaruhi pendapatan pedagang. Karena lokasi yang dipilih akan menentukan tingkat penjualan, yang secara langsung mempengaruhi pendapatan pedagang. Faktor lain yang juga mempengaruhi pendapatan pedagang adalah jumlah variasi barang dagangan yang dijual. Jumlah variasi barang yang ditawarkan akan berpengaruh pada pendapatan yang dihasilkan oleh pedagang karena setiap pedagang memiliki kuantitas dan skala yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor modal usaha, lokasi usaha dan jumlah variasi barang dagangan berpengaruh terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional di Pasar Wage Purwokerto. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner kepada 90 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Penelitian ini dianalisis dengen metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan faktor modal usaha terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional di Pasar Wage Purwokerto (43,3%), terdapat pengaruh positif dan signifikan faktor lokasi usaha terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional di Pasar Wage Purwokerto (27,6%), terdapat pengaruh positif dan signifikan faktor jumlah variasi barang dagangan terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional di Pasar Wage Purwokerto (31,1%), dan terdapat pengaruh secara simultan faktor modal usaha, lokasi usaha dan jumlah variasi barang dagangan terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional di Pasar Wage Purwokerto (67,4%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modal Usaha, Lokasi Usaha, Jumlah Variasi Barang Dagangan, Pendapatan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Intania Dea Ramadhani
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:36
Last Modified: 26 Jul 2023 06:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20871

Actions (login required)

View Item View Item