KONTRIBUSI PEMBIAYAAN ULTRA MIKRO PEGADAIAN SYARIAH PADA PENGEMBANGAN SEKTOR USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (STUDI KASUS PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR WAGE PURWOKERTO)

Laelatul, Qodriyah (2023) KONTRIBUSI PEMBIAYAAN ULTRA MIKRO PEGADAIAN SYARIAH PADA PENGEMBANGAN SEKTOR USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (STUDI KASUS PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR WAGE PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Laelatul Qodriyah_Kontribusi Pembiayaan Ultra Mikro Pegadaian Syariah Pada Pengembangan Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage Purwokerto).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Ultra Mikro merupakan program yang diinisiasi oleh kementrian keuangan, yang berfokus pada usaha-usaha mikro pada tingkat bawah atau UMKM yang pada umumnya berusaha memenuhi permodalan sendiri. Dalam hal ini Pegadaian Syariah menyediakan fasilitas pembiayaan bagi sektor UMKM dengan harapan dapat membantu mereka dalam mengembangkan usahanya Permasalahan yang terjadi saat ini adalah tidak semua pelaku usaha yang mendapatkan pembiayaan dari lembaga keuangan dapat menjalankan usahanya dengan sukses, beberapa dari mereka belum disebut kategori usahanya berkembang setelah menerima pembiayaan. Hal ini karena keuangan tidak digunakan sesuai dengan tujuan pembiayaan. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kontribusi pembiayaan Ultra Mikro pada pengembangan sektor UMKM, sehingga para pelaku usaha yang mengambil pembiayaan tersebut dapat memanfaatkannya dengan lebih maksimal serta usaha yang dijalankan dapat lebih berkembang. Melalui pembiayaan Ultra Mikro dapat memastikan bahwa dana tersebut digunakan untuk mengembangkan usaha bukan untuk kepentingan yang lain. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research dengan secara langsung mengumpukan datanya di lapangan.Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data primer didapatkan melalui wawancara dan observasi secara langsung yaitu Pimpinan Cabang Pegadaian Syariah Pasar Wage Purwokerto, Team survey mikro, dan nasabah (anggota pembiayaan Ultra Mikro). Sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian memberikan penjelasan bahwa pembiayaan Ultra Mikro (UMI) dapat membantu sektor UMKM dalam mengembangkan usahanya, melalui dukungan pendampingan usaha, berupa motivasi, konsultasi usaha,pelatihan dan inovasi, serta pengelolaan keuangan. Perkembangan usaha dapat dilihat melalui meningkatnya pendapatan, aset usaha, dan tenaga kerja. Hal ini menandakan bahwa pembiayaan Ultra Mikro memiliki banyak kontribusi untuk pengembangan UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Ultra Mikro, UMKM
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Laelatul Qodriyah
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:11
Last Modified: 26 Jul 2023 08:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20865

Actions (login required)

View Item View Item