KONSEP AL-QOLAM Q.S AL-‘ALAQ AYAT 4 PERSPEKTIF ISLAM DENGAN PENDEKATAN AGAMA DAN SAINS(KAJIAN DALAM KITAB TAFSIR AL-MISBAH DAN TAFSIR AL-JALALAIN)

Millah Noer, Khasanah (2023) KONSEP AL-QOLAM Q.S AL-‘ALAQ AYAT 4 PERSPEKTIF ISLAM DENGAN PENDEKATAN AGAMA DAN SAINS(KAJIAN DALAM KITAB TAFSIR AL-MISBAH DAN TAFSIR AL-JALALAIN). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MILLAH NOER KHASANAH_KONSEP AL-QOLAM Q.S AL'ALAQ AYAT 4 PERPSEKTIF ISLAM DENGAN PENDEKATAN AGAMA DAN SAINS (Kajian dalam Kitab Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Jalalain).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Para ulama yang mengkaji kitab tafsir Al-Misbah dan Tafsir Jalalain memberikan pemahaman yang beragam terkait dengan makna Al-Qolam dalam Surah Al-‘Alaq. Kedua perspektif ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang lebih luas dan komprehensif tentang mencatat dan menulis dalam agama islam. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih utuh dan mendalam tentang makna Al-Qolam dalam mencatat dan menulis, maka perspektif agama dan perspektif sains diharapkan dapat menemukan kesesuaian dalam memahami konsep Al-Qolam. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui konsep Al-Qolam dalam Q.S Al-‘Alaq ayat 4 menurut Kitab Tafsir Al-Misbah Karya Quraish Shihab dan Kitab Tafsir Al-Jalalain Karya Jalaluddin Al-Mahalli dan Jalaluddin As-Suyuthi menurut Perspektif Agama dan Sains. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian ini yaitu 1). Menutut Tafsir Al-Mishbah kata qolam berarti hasil dari penggunaan alat tersebut, yakni tulisan. 2) Menurut Tafsir Al-Jalalain, kata “qolam” berarti pena. Orang pertama kali menulis dengan pena yaitu Nabi Idris AS. 3) Konsep Al-Qolam dalam perspektif agama yaitu Agama Islam memberikan tujuan dan makna dari proses menulis dan mencatat, seperti penyebaran ajaran-ajaran agama dan pencatatan sejarah. Agama Islam memperkuat keyakinan dalam proses menulis dan mencatat yang baik dan benar, serta mendorong untuk menjauhi dari yang tidak baik dan tidak benar. 4) Konsep Al-Qolam dalam perspektif sains modern merupakan langkah awal dalam perkembangan teknologi tulis. Dalam perkembangan selanjutnya, teknologi cetak seperti mesin cetak dan percetakan modern telah memungkinkan penyebaran informasi secara lebih efisien. Kemudian, dengan munculnya teknologi digital seperti komputer dan internet, penulisan dan penyebaran informasi mengalami revolusi yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al-Qolam, Q.S Al-‘Alaq Ayat 4, Perspektif Agama, Sains
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MILLAH NOER KHASANAH sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:16
Last Modified: 27 Jul 2023 03:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20857

Actions (login required)

View Item View Item