ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN, LINGKUNGAN SOSIAL, DAN PROMOTIONAL MIX TERHADAP MINAT MASYARAKAT KELURAHAN KALIKABONG KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH

Nur Khasanah Dwi, Fitriani (2023) ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN, LINGKUNGAN SOSIAL, DAN PROMOTIONAL MIX TERHADAP MINAT MASYARAKAT KELURAHAN KALIKABONG KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUR KHASANAH DWI FITRIANI_ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN, LINGKUNGAN SOSIAL, DAN PROMOTIONAL MIX TERHADAP MINAT MASYARAKAT KELURAHAN KALIKABONG KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Lembaga keuangan syariah kini keberadaanya semakin meluas, namun masyarakat yang menggunakan jasa lembaga keuangan syariah belum sebesar masyarakat yang menggunakan jasa lembaga keuangan konvensional. Hal tersebut tentu disebabkan oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, lingkungan sosial, dan promotional mix terhadap minat masyarakat Kelurahan Kalikabong Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbaingga pada lembaga keuangan syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Kalikabong ynag berusi 17 tahun ke atas menurut data terbaru 2022, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden, metode penelitian dengan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan kuesioner, data diolah dengan bantuan alat uji IBM SPSS.25 dan uji yang dilakukan yaitu uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, dan koefisien determinasi (R2). Untuk menguji hipotesis pada penelitian ini uji F (simultan) dan uji t (parsial). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh pengetahuan memiliki nilai signifikansi 0,003 < 0,05 yang artinya berpengaruh terhadap minat masyarakat Kelurahan Kalikabong, lingkungan sosial sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya berpengaruh terhadap minat masyarakat Kelurahan Kalikabong, promotional mix 0,051 > 0,05 yang artinya tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat kelurahan kalikabong dan begitu juga dalam bentuk simultan pengetahuan, lingkungan sosial, dan promotional mix sebesar F hitung 116,396 > F tabel 2,698 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwasanya pengetahuan, lingkungan sosial, dan promotional mix berpengaruh terhadap minat masyarakat Kelurahan Kalikabong Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga pada lembaga keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Lingkungan Sosial, Promotional Mix, dan Minat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Nur Khasanah Dwi Fitriani
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:19
Last Modified: 27 Jul 2023 02:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20855

Actions (login required)

View Item View Item