PERAN GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DISMAN 1 PURWOKERTO

Nur, Suci Rahmawati (2023) PERAN GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DISMAN 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nur Suci Rahmawati.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran guru PAI dalam pembelajaran pendidikan agama islam berwawasan multikultural di SMAN 1 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran guru pendidikan agama islam dalam menerapkan pendidikan multikultural di SMAN 1 Purwokerto dan faktor yang mempengaruhi penerapan pendidikan multikultural di SMAN 1 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Untuk mendapatkan data yang valid dari para informan peneliti menggunakan field research dan menggunakan teknik triangulasi untuk mengumpulkan data-data yang ada dilapangan. Hasil penelitian Hasil penelitian ini adalah Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menerapkan pendidikan multikultural siswa di SMAN 1 Purwokerto dilakukan melalui cara, yaitu: Pendidikan multikultural pada SMAN 1 Purwokerto yaitu saling menghormati dengan tidak mengejek keyakinan agama orang lain, saling menghargai dalam diskusi kelompok untuk menemukan titik tengah yang disepakati bersama, menerima perbedaan dengan tidak membeda-bedakan suku,ras dan bahasanya , sikap empati dengan sigap menolong teman yang sedang sakit dikelas, sikap peduli dengan membantu guru yang kesulitan membawa barang, toleransi dengan tidak memilih-milih teman, harmonis dengan menjaga kerukunan antar teman, damai dengan saling menyayangi dan mengohrmati teman sekelas dan guru-guru, dan persaudaraan. Guru dalam, pembelajaran PAI dengan sistem multikultural yaitu dengan membangun paradigm keberagaman, menghargai keberagaman bahasa, membangun sikap kepedulian sosial. Selanjutnya faktor pendukung antara lain; Iklim sekolah, kurikulum sekolah, sarana dan prasarana, peran guru dan adanya program sekolah berkaitan dengan pendidikan multikultural siswa. Nilai-nilai multikultural tersebut telah ada di dalam materi PAI. Faktor penghambat antara lain: Masih ada peserta didik yang belum bisa bergaul dengan baik dan malah menjadi pusatnya masalah. Kurangnya motivasi diri guru PAI kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Pembelajaran, Pendidikan Multikultural
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Suci Rahmawati sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:42
Last Modified: 25 Jul 2023 07:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20848

Actions (login required)

View Item View Item