IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBENTUK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 01 MAJENANG CILACAP

Khusnul, Retno (2023) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBENTUK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 01 MAJENANG CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
KHUSNUL RETNO_IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBENTUK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 01 MAJENANG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan sosial emosional anak usia dini merupakan salah satu aspek penting pada perkembangan yang harus diperhatikan. Sebagai orang tua, penting untuk memperhatikan setiap proses tumbuh kembang anak, namun terkadang hal ini justru menjadi kendala dalam proses membentuk perkembangan sosial emosional anak, dimana terdapat beberapa anak yang kurang mendapat perhatian dari orang tua didalam proses membentukan perkembangan sosial emosionalnya. Bimbingan konseling merupakan salah satu layanan yang ada di sekolah, layanan ini sebagai pelengkap dalam kegiatan belajar anak, hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan sekolah yang tidak hanya sekedar memfasilitasi anak dalam bidang akademik, tetapi juga harus membimbing serta mendampingi anak untuk mencapai perkembangan yang maksimal. Pada penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bimbingan konseling dalam membentuk perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK Aisyiyah 01 Majenang Cilacap, serta metode yang diterapkan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dan pendekatan studi lapangan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini dilakukan kepada kepala sekolah, guru, dan 2 orang anak-anak usia dini di TK Aisyiyah 01 Majenang. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa implementasi bimbingan konseling yang dilaksanakan di sekolah sangat memberikan pengaruh terhadap proses terbentuknya perkembangan sosial emosional anak usia dini, pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah ini difokuskan pada metode dan materi bimbingan konseling. Metode bimbingan konseling yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode bimbingan kelompok. Sedangkan materi bimbingan konseling menggunakan materi loose parts. Faktor pendukung dan penghambat perkembangan sosial emosional anak usia dini sangat bergantung pada lingkungan dan peran orang tua. Dengan adanya implementasi bimbingan konseling dalam membentuk proses perkembangan sosial emosional anak usia dini menunjukkan adanya perubahan, dimana anak-anak sudah dapat mencapai pemahaman diri dan berhubungan dengan orang lain, tanggung jawab terhadap diri sendiri, dan dapat menunjukkan perilaku sosial yang baik. Kata Kunci: Bimbingan Konseling Anak Usia Dini, Perkembangan Sosial Emosional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Anak Usia Dini, Perkembangan Sosial Emosional
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Khusnul Pambayun Putritama sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:47
Last Modified: 27 Jul 2023 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20841

Actions (login required)

View Item View Item