ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PANGSA PASAR PRODUK TEPUNG MOCAF (STUDI KASUS DI PT. RUMAH MOCAF INDONESIA KABUPATEN BANJARNEGARA)

Muhlitya, Oktaviana (2023) ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PANGSA PASAR PRODUK TEPUNG MOCAF (STUDI KASUS DI PT. RUMAH MOCAF INDONESIA KABUPATEN BANJARNEGARA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhlitya Oktaviana_Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Produk Tepung Mocaf (Studi Kasus Di PT. Rumah Mocaf Indonesia Kabupaten Banjarnegara).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan faktor-faktor penting yang diperlukan perusahaan ataupun pebisnis untuk menghasilkan pangsa pasar yang konsisten sesuai dengan harapan perusahaan. Strategi pemasaran PT. Rumah Mocaf Indonesia pada tahun 2014 hingga 2019 mengunakan pemberdayaan sosial 100%, dengan melakukan pemberdayaan masyarakat sosial. Pada tahun 2020 pemasaran PT. Rumah Mocaf Indonesia sudah meluas karena melakukan pemasaran melalui online dan offline. Penelitian ini di latar belakangi adanya strategi bauran pemasaran yang mampu menaikkan pangsa pasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer penelitian ini bersumber dari wawancara dengan CEO Rumah Mocaf Indonesia, tim Rumah Mocaf Indonesia, dan konsumen Rumah Mocaf Indonesia. Data sekunder penelitian berasal dari buku, jurnal dan profil PT. Rumah Mocaf Indonesia. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode Miles & Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang diterapkan PT. Rumah Mocaf Indonesia yaitu, 4P strategi produk dengan memberikan kualitas produk terbaik pada konsumen, strategi harga dengan memberikan harga yang terjangkau, strategi distribusi dengan melakukan online, offline dan reseller. Strategi promosi melalui penjualan pribadi (personal selling), periklanan (adversiting), bekerja sama dengan kerabat (reseller), dan mengikuti pameran atau event keluar kota bahkan keluar negeri. Dalam pemasaran PT. Rumah Mocaf Indonesia seringkali menggunakan media social seperti Instagram, Tiktok, Youtube, dan FB sebagai upaya dalam media promosi. Seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Tiktokshop, Blibi, Bukalapak, 99usahaku sebagai marketplace. Dengan menerapkan strategi bauran pemasaran ini mampu meningkatkan pangsa pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Pangsa Pasar, PT. Rumah Mocaf Indonesia
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhlitya Oktaviana sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:12
Last Modified: 25 Jul 2023 07:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20834

Actions (login required)

View Item View Item