Perkembangan Arsitektur Islam Masjid Jami Al-Zahir Baybars Kairo dan Madrasah Al-Zahiriyah Damaskus Masa Sultan Baybars di Dinasti Mamluk Bahri (1260-1277 M)

Lisnawati, Lisnawati (2023) Perkembangan Arsitektur Islam Masjid Jami Al-Zahir Baybars Kairo dan Madrasah Al-Zahiriyah Damaskus Masa Sultan Baybars di Dinasti Mamluk Bahri (1260-1277 M). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LISNA_1917503033.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait Masjid Jami al-Zahir Baybars Kairo dan Madrasah al-Zahiriyah Damasakus masa Sultan Baybars (1260-1277 M). Teori yang digunakan yaitu teori arsitektur Marcus Pollio Vitrovius dan teori akulturasi Soerjono Soekanto berbasis pendekatan sejarah dan seni budaya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang terdiri atas: heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari penelitian ini yakni, pertama perkembangan arsitektur Islam pada awal Masjid Jami al-Zahir Baybars dibangun dengan megah dan luas dilengkapi dengan interior dan eksterior yang menghabiskan biaya 1 juta dirham pada masanya. Namun pada abad ke 16, masjid tersebut tidak difungsikan sebagai tempat ibadah hingga selesai restorasi pada tahun 2023. Sedangkan Madrasah al-Zahiriyyah beserta makam pendirinya sejak awal sudah berfungsi dengan sebagaimana mestinya hingga dijadikan sebagai Perpustakaan Nasional Suriah yang menyimpan ribuan kitab manuskrip dan karya cetak. Kedua, corak arsitektur Islam Masjid Jami al-Zahir Baybars dan Madrasah al-Zahiriyah di Damaskus pada masa Sultan Baybars dipengaruhi oleh corak arsitektur Islam dipengaruhi oleh Dinasti Fathimiyah. Bentuk masjid yang hypostyle, gerbang dengan bentuk melengkung ceruk ke dalam, gerbang utama terletak di tengah, serta masing-masing iwan memiliki pintu gerbang. Sedangkan corak arsitektur Islam pada Madrasah al-Zahiriyah Damaskus terpengaruh dari Dinasti Umayah dan Bizantium, hal ini dapat ditemui dari mozaik kaca di kubah batunya, motif dekoratif dengan geometris pohon anggur, dan penggunaan ablaq. Adanya muqarnas dan mashrabiya menandakan madrasah al-Zahiriyah dipengaruhi corak arsitektur dari Dinasti Fathimiyah dan Dinasti Ayubiyyah. Kata Kunci: Araitektur Islam, Masjid Jami al-Zahir Baybars, Madrasah al-Zahiriyah, Sultan Baybars

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Araitektur Islam, Masjid Jami al-Zahir Baybars, Madrasah al-Zahiriyah, Sultan Baybars
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.5 Daulah-daulah lain
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Lisnawati Lisnawati sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:02
Last Modified: 25 Jul 2023 07:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20828

Actions (login required)

View Item View Item