ANALISIS STRATEGI SEGMENTASI PASAR DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA BUDIDAYA MAGGOT SYLVA FARM KABUPATEN TEGAL

Cindi, Febriyaningsih (2023) ANALISIS STRATEGI SEGMENTASI PASAR DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA BUDIDAYA MAGGOT SYLVA FARM KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
CINDI FEBRIYANINGSIH_ANALISIS STRATEGI SEGMENTASI PASAR DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA BUDIDAYA MAGGOT SYLVA FARM KABUPATEN TEGAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Segmentasi pasar adalah strategi pemasaran yang membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang berbeda, dimana masing-masing kelompok tersebut terdiri dari konsumen dengan karakteristik yang hampir serupa. Segmentasi pasar penting karena dapat membantu dalam membuat strategi pemasaran yang lebih terarah. Sylva Farm merupakan jenis usaha yang membudidayakan lalat Black Soldier Fly (BSF) serta pengolahan aneka maggot, juga menerapkan strategi segmentasi pasar dengan cara membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok konsumen yang berbeda kebutuhan dan keinginannya. Kemudian kelompok tersebut dijadikan sebagai sasaran pasar yang akan dituju, agar dapat meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan utama yakni bagaimana strategi segmentasi pasar yang diterapkan oleh Sylva Farm sehingga dapat meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi segmentasi pasar yang digunakan oleh Sylva Farm didasarkan pada empat variabel yaitu segmentasi berdasarkan geografis, segmentasi berdasarkan demografis, segmentasi berdasarkan psikografis, dan segmentasi berdasarkan perilaku. Untuk dapat meningkatkan volume penjualan, pada segmentasi geografis dilakukan dengan membagi pasar menjadi beberapa wilayah yang difokuskan pada Kabupaten Tegal, Brebes, dan Purwokerto. Untuk segmentasi demografis difokuskan pada konsumen yang bekerja sebagai peternak. Sedangkan segmentasi psikografis dengan melihat kepribadaian dari konsumen yang mengikuti perkembangan zaman atau trend melalui penggunaan media sosial sebagai tempat untuk melakukan pemesanan dan pembelian produk maggot. Dan Segmentasi perilaku yang diterapkan oleh Sylva Farm yaitu mengelompokkan konsumen berdasarkan indikator manfaat yang dicari dan status pengguna. Kata Kunci : Segmentasi Pasar, Volume Penjualan, dan Sylva Farm

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Segmentasi Pasar, Volume Penjualan, Sylva Farm
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Manajemen Produksi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Cindi Febriyaningsih sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:34
Last Modified: 26 Jul 2023 08:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20825

Actions (login required)

View Item View Item