Efektivitas Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika dengan Strategi True or False untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Matematika Kelas X SMK Negeri 1 Karangjambu

Nisrina, Febriyanti (2023) Efektivitas Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika dengan Strategi True or False untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Matematika Kelas X SMK Negeri 1 Karangjambu. Skripsi thesis, UIN Saizu Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nisrina Febriyanti_Efektivitas Pembelajaran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya pemahaman matematika siswa pada materi statistika kelas X SMK N 1 Karangjambu yang disebabkan proses pembelajaran yang belum efektif. Agar belajar menjadi efektif guru dalam hal ini harus mampu menguasai proses pembelajaran salah satunya adalah penggunaan strategi yang tepat yang dirancang untuk menghidupkan suasana kelas. Salah satu strategi pembelajaran aktif yaitu strategi true or false. Strategi true or false merupakan strategi pembelajaran aktif yang memotivasi siswa untuk terlibat dalam pembelajaran guru. Jadi, strategi true or false dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk berkompetisi secara aktif dalam pembelajaran, mengembangkan kemampuan pemahaman siswa dan membantu siswa mengingat konsep yang telah dipelajarinya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika pada materi statistika dengan strategi true or false untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X SMK N 1 Karangjambu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK N 1 Karangjambu yang berjumlah 158 siswa dengan sampel berjumlah 42 siswa. Variabel penelitian ini yaitu pemahaman siswa pada materi statistika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Analisis data ini menggunakan N-Gain dengan uji t ternormalisasi untuk menguji hipotesis penelitian. Dari hasil N-Gain menunjukkan N-Gain kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata sebesar 0,63 yang dapat diklasifikasikan masuk kategori sedang, dan pada kelas kontrol mendapat nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,49 yang dikategorikan masuk kategori sedang. Dari hasil uji t independent sample test menggunakan SPSS versi 22 diperoleh bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,011 yang artinya lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi true or false berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran matematika pada materi statistika untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X SMK N 1 Karangjambu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran; Matematika; Pemahaman Siswa; Strategi True or False
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nisrina Febriyanti
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:53
Last Modified: 26 Jul 2023 03:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20814

Actions (login required)

View Item View Item