PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP EFEKTIVITAS SISTEM LAYANAN PENGGUNA MOBILE BANKING (Studi Kasus Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

SITI, ULFIANI (2023) PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP EFEKTIVITAS SISTEM LAYANAN PENGGUNA MOBILE BANKING (Studi Kasus Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX SITI ULFIANI (1917202168).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mobile banking adalah layanan perbankan dengan menggunakan teknologi informasi. Layanan ini merupakan salah satu peluang bagi bank untuk membantu memfasilitasi dan mendapatkan keuntungan dari perjanjian bersyarat bank. Mobile banking memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi secara online. Dari banyaknya mahasiswa FEBI yang menggunakan aplikasi layanan mobile banking terdapat beberapa mahasiswa yang tidak menggunakan dikarenakan beberapa alasan diantaranya; belum mempunyai aplikasi, tidak percaya diri, dan takut terjadi kesalahan dalam pengoperasiannya. Maka dari itu peneliti akan meneliti seberapa banyak mahasiswa FEBI yang mengaplikasikan mobile banking. Penelitian ini akan mengkaji seberapa besar persepsi kemanfaatan dan kemudahan terhadap efektivtas sistem layanan mobile banking bagi mahasiswa. Penelitiaan ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknis analisis regresi berganda untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari kuesioner yang dibagikan kepada 200 responden mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan. serta variabel dependen yaitu efektivitas sistem layanan pengguna mobile banking bagi mahasiswa. Kemudian, analisis data yang digunakan, yaitu analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, heteroskedastisitas, multikolinieritas, dan autokorelasi dengan menggunakan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi kemanfaatan berpengaruh terhadap efektivitas sistem layanan pengguna mobile banking bagi mahasiswa. 2) persepsi kemudahan berpengaruh terhadap efektivitas sistem layanan pengguna mobile banking bagi mahasiswa. 3) secara simultan semua variabel bebas dalam penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas sistem layanan pengguna mobile banking bagi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemanfaatan, Kemudahan, Efektivitas, Sistem Layanan, Mobile Banking
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 506 Organizations and management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: siti ulfiani sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:04
Last Modified: 25 Jul 2023 08:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20806

Actions (login required)

View Item View Item