PERLAKUAN BERBEDA TERHADAP PEMBELI MOTOR BARU DENGAN SISTEM CASH DAN KREDIT PERSPEKTIF ASAS KEBEBASAN BERKONTRAK (Studi Kasus Dealer Kompo Motor Ajibarang, SPS Motor Ajibarang, Yamaha Nusantara Motor Ajibarang)

Ibnu, Fajri (2023) PERLAKUAN BERBEDA TERHADAP PEMBELI MOTOR BARU DENGAN SISTEM CASH DAN KREDIT PERSPEKTIF ASAS KEBEBASAN BERKONTRAK (Studi Kasus Dealer Kompo Motor Ajibarang, SPS Motor Ajibarang, Yamaha Nusantara Motor Ajibarang). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IBNU FAJRI_PERLAKUAN BERBEDA TERHADAP PEMBELI MOTOR BARU DENGAN SISTEM CASH DAN KREDIT PRESPEKTIF ASAS KEBEBASAN BERKONTRAK (Studi Kasus Dealer Kompo Motor Ajibarang, SPS Motor Ajibarang, Yamaha Nusantara Motor Ajibarang).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada kehidupan sehari-hari masyarakat tidak bisa terlepas dari kegiatan transaksi jual beli di berbagai bidang. Seperti praktik jual beli pada dealer motor yang terjadi di daerah Ajibarang. Namun, pada praktiknya ada perlakuan yang berbeda antara pembeli yang melakukan jual beli dengan cara cash atau kredit yang dilakukan oleh pihak dealer. Perbedaan perlakuan terjadi kepada pembeli yang akan membeli sepeda motor dengan cara cash yakni dengan cara dipersulit dengan berbagai alasan supaya membeli dengan cara kredit. Padahal dalam promosinya dealer menyediakan pembayaran berupa cash maupun kredit. Sebagaimana diketahui dalam proses jual beli dilandasi dengan asas kebebasan berkontrak atau saling suka rela antara pembeli dengan penjual. Melihat praktik jual beli sepeda motor tersebut apakah bertentangan dengan asas kebebasan berkontrak. Jenis penelitian yang adalah jenis penelitian lapangan atau field research. Untuk tempat penelitian sendiri adalah dealer Kompo Motor, SPS Motor dan Yamaha Nusantara Motor. Sumber data primer berupa wawancara kepada informan, sedangkan sumber data sekunder adalah seperti buku, jurnal. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan normatif-sosiologis, yaitu untuk mengidentifikasi keadaan sosial. Data tersebut dianalis dengan metode deduktif. Metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan cara wawancara pihak dealer serta konsumen, dokumentasi dan observasi pada objek penelitian. Adanya perlakuan berbeda pada konsumen yang membeli motor secara cash dengan konsumen yang membeli motor dengan cara kredit tidak mengurangi adanya asas kebebasan berkontrak, karena konsumen tetap dapat memilih untuk tetap membeli motor pada dealer tersebut atau tidak, konsumen juga tetap dapat memilih apakah akan membeli motor dengan cara cash maupun kredit dengan perbedaan yang dijelaskan oleh pihak dealer. Dengan kebebasan memilih tersebut diharapkan perjanjian jual beli motor di dealer termasuk dalam memenuhi prinsip muamalah yaitu adanya kerelaan para pihak tanpa ada yang paksaan dan kerugian terhadap calon konsumen sesuai dengan hukum jual beli dalam Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Asas Kebebasan Berkontrak, cash dan kredit.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ibnu Fajri sdr
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:42
Last Modified: 25 Jul 2023 08:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20795

Actions (login required)

View Item View Item