IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI MA'ARIF PURWODESO KEBUMEN

Umarotul, Ma'rifah (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI MA'ARIF PURWODESO KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Umarotul Ma'rifah_Implementasi Strategi Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Tematik di Kelas V MI Ma'arif Purwodeso Kebumen.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran cooperative tipe Numbered Head Together (NHT) adalah suatu strategi pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengelola, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang kemudian dipresentasikan di depan kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Strategi Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Tematik di kelas V MI Ma’arif Purwodeso Kebumen?”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis im plementasi strategi cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran tematik siswa kelas V MI Ma’arif Purwodeso Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dimana peneliti terjun langsung ke lapangan atau lokasi penelitian untuk mendapatkan data dan informasi mengenai implementasi model cooperative learning tipe Numbered Head Togther (NHT) dalam pembelajaran tematik di kelas V MI Ma’arif Purwodeso Kebumen. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan strategi cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) membuat peserta didik lebih mudah dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dalam implementasi strategi cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) dikelas V dalam pembelajaran tematik sudah baik, hal ini dibuktikan dengan guru melaksanakan tahapan-tahapan yang meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran tematik di kelas V dengan menggunkan strategi cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) sudah cukup baik, dan sesuai dengan prosedur pelaksanaan strategi Numbered Head Together (NHT).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi Numbered Head Together (NHT), Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Umarotul Ma’rifah
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:40
Last Modified: 25 Jul 2023 06:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20786

Actions (login required)

View Item View Item