SISTEM PENGUPAHAN BAWON PADA BURUH TANI PADI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA BURUH PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI DESA LAMUK KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA)

Bhakti, Mardiansyah (2023) SISTEM PENGUPAHAN BAWON PADA BURUH TANI PADI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA BURUH PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI DESA LAMUK KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Bhakti Mardiansyah_Sistem Pengupahan Bawon.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Upah merupakan hak pekerja atau buruh yang diterima sebagai imbalan dari pemberi kerja kepada pekerja atau buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja atau buruh dan keluarganya atas jasa yang telah atau akan dilakukan. Upah merupakan salah satu sarana yang digunakan oleh pekerja untuk meningkatkan kesejahteraannya. Bawon adalah sistem upah tradisional pada pertanian padi yang didapat dari sebagian padi hasil panen dan ditetapkan berdasarkan ketentuan yang disepakati bersama. Sistem upah bawon telah dilakukan turun menurun dan menjadi kebiasaan masyarakat. Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan penulis terhadap sistem pengupahan bawon dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga buruh ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sistem pengupahan bawon pada buruh tani padi, peranan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga buruh tani padi, serta sistem ini dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang penulis lakukan di Desa Lamuk Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengupahan bawon dianggap sebagai sistem yang paling sesuai untuk diterapkan pada pertanian padi di Desa Lamuk Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga, karena menjunjung nilai keadilan serta transparansi dalam pembagiannya. Upah bawon dapat membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga buruh melalui pendapatan upah yang mereka dapatkan, di mana pendapatan tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar yang menjadi syarat utama dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dalam perspektif Ekonomi Islam, sistem pengupahan bawon sah karena telah memenuhi rukun dan syarat pengupahan dalam Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bawon, Buruh Tani Padi, Kesejahteraan Keluarga, Ekonomi Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat > 2x6.94 Adat Istiadat setempat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Bhakti Mardiansyah sdr
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:16
Last Modified: 25 Jul 2023 08:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20782

Actions (login required)

View Item View Item