INTERNALISASI NILAI-NILAI SPIRITUAL DALAM KEGIATAN ISTIGASAH JUM'AT DI MTS MA'ARIF NU 05 MAJASARI BUKATEJA PURBALINGGA

Muhammad, Syifa (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI SPIRITUAL DALAM KEGIATAN ISTIGASAH JUM'AT DI MTS MA'ARIF NU 05 MAJASARI BUKATEJA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Muhammad Syifa_ Internalisasi nilai-nilai spiritual dalam kegiatan istighosah Jum'at di Mts Ma'arif NU 05 Majasari Bukateja Purbalingga.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada zaman modern seperti saat ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sering terjadi terhadap maraknya kenakalan remaja entah itu setelah lulus bersekolah maupun saat masih sekolah. Peran sekolah dalam membentuk karakter religius dan juga meningkatkan nilai-nilai spiritual atau keagamaan siswa agar ketika para siswa terjun ke masyarakat sudah memiliki etika yang baik sangatlah penting. Perlu adanya kegiatan yang menitikberatkan nilai-nilai spiritual di dalam kegiatan sekolah seperti halnya istigasah Jum’at yang dilaksanakan di MTs Ma'arif NU 05 Majasari guna menginternalisasikan nilai-nilai spiritual kepada peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian di MTs Ma'arif NU 05 Majasari, Bukateja, Purbalingga adalah untuk mendeskripsikan bagaimana internalisasi nilai-nilai spiritual dalam kegiatan istigasah Jum’at di MTs Ma'arif NU 05 Majasari dari aspek tahapan, pelaksanaan, dasar, tujuan, sampai pada harapan dan hasil yang dirasakan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Subjek penelitiannya diantaranya kepala sekolah dan jajarannya, guru waka keagamaan, dan guru yang bertugas piket keagamaan dan siswa MTs Ma'arif NU 05 Majasari. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memperoleh bahwa proses internalisasi nilai spiritual dalam kegiatan istigasah Jum’at di MTs Ma'arif NU 05 Majasari meliputi: (1) proses internalisasi melalui berbagai tahap, (a) tahap transformasi nilai (b) tahap transaksi nilai (c) tahap transinternalisasi (2) internalisasi nilai spiritual bukan hanya diperoleh siswa ataupun guru saja namun dua-duanya berperan penting (3) nilai spiritual yang didapatkan adalah berupa nilai ketauhidan, nilai ibadah atau ketakwaan, dan nilai akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai, Nilai Spiritual, Istigasah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.3 Tarekat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Syifa sdr
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:46
Last Modified: 26 Jul 2023 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20777

Actions (login required)

View Item View Item