PENGARUH RATING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK FASHION DI MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN EL-FIRA PURWOKERTO)

Friska Ayu, Ningrum (2023) PENGARUH RATING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK FASHION DI MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN EL-FIRA PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Friska Ayu Ningrum_Pengaruh Rating dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Fashion di Marketplace Shopee (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Modern eL-Fira Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dengan dimudahkannya akses internet yang telah merubah perilaku belanja masyarakat dari offline beralih secara online pada marketplace. Shopee sebagai marketplace popular dibuktikan dengan kenaikan terus menerus jumlah kunjungan dari 2018-2020, dan peringkat pertama dalam persaingan e-commerce 2021. Shopee dikenal sebagai marketplace favorit dalam kategori fashion. Produk fashion sendiri adalah produk yang paling laku di tahun 2020. Maraknya transaksi jual beli online sudah merambah ke dunia pesantren yang berdampak pada perubahan gaya hidup. Sehingga terjadi kesenjangan antara apa yang diajarkan di pesantren dengan gaya hidup santrinya. Seperti pada Pondok Pesantren Modern eL-Fira Purwokerto yang memiliki jumlah santri terbanyak dalam lingkup pesantren di Banyumas dan mengalami peningkatan dalam pembelian produk online. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu rating dan online customer review. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah rating dan online customer review mempengaruhi keputusan pembelian pada produk fashion di marketplace Shopee. Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari kuesioner. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 120 responden yang merupakan santri Pondok Pesantren Modern eL-Fira Purwokerto. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rating berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kemudian, online customer review berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Serta rating dan online customer review secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rating, Online Customer Review, Keputusan Pembelian
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Friska Ayu Ningrum sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 05:25
Last Modified: 26 Jul 2023 05:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20775

Actions (login required)

View Item View Item