PENGARUH JUMLAH TANGGUNGAN, PENDAPATAN, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KESEJAHTERAAN ISLAM (STUDI PADA BURUH WANITA DI KONVEKSI TI MIE COLLECTION DESA JAMBU, WANGON, BANYUMAS)

Fani, Fajriani (2023) PENGARUH JUMLAH TANGGUNGAN, PENDAPATAN, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KESEJAHTERAAN ISLAM (STUDI PADA BURUH WANITA DI KONVEKSI TI MIE COLLECTION DESA JAMBU, WANGON, BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FANI FAJRIANI_Pengaruh Jumlah Tanggungan, Pendapatan, dan Gaya Hidup Terhadap Kesejahteraan Islam (Studi Pada Buruh Wanita di Konveksi Ti Mie Collection Desa Jambu, Wangon, Banyumas).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Upaya untuk berada di titik kesejahteraan, tidak hanya seorang kepala keluarga saja yang berusaha memenuhi kebutuhan hidup, namun juga perempuan yang berperan sebagai istri, ibu, maupun anak akan bekerja untuk pemenuhan kebutuhan. Perempuan menjalankan peran sebagai tenaga kerja yang ikut aktif dalam mencari nafkah sesuai dengan keterampilan yang dimiliki guna untuk upaya pemenuhan kebutuhan sehari-hari agar tercapai kesejahteraan. Perempuan mempunyai peluang besar untuk dapat memberikan kontribusi mengenai pendapatan keluarga melalui perannya bekerja, salah satunya sebagai buruh. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Jumlah Tanggungan, Pendapatan, dan Gaya Hidup terhadap Kesejahteraan Islam pada buruh wanita di Konveksi Ti Mie Collection. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 47 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan kefisien determinasi (R2) dengan menggunakan IBM SPSS 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) variabel Jumlah Tanggungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesejahteraan Islam, 2) variabel Pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesejahteraan Islam, 3) variabel Gaya Hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap Kesejahteraan Islam.4) variabel Jumlah tanggungan, pendapatan dan gaya hidup secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kesejahteraan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Tanggungan, Pendapatan, Gaya Hidup, Kesejahteraan Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fani Fajriani sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:58
Last Modified: 27 Jul 2023 02:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20774

Actions (login required)

View Item View Item