PENGENDALIAN BAHAN BAKU DENGAN METODE MRP (MATERIAL REQUIREMENT PLANNING) PADA INDUSTRI CARICA DALAM MENGHADAPI PERMINTAAN PASAR (STUDI KASUS CV. GEMILANG KENCANA WONOSOBO)

Devi, Triana (2023) PENGENDALIAN BAHAN BAKU DENGAN METODE MRP (MATERIAL REQUIREMENT PLANNING) PADA INDUSTRI CARICA DALAM MENGHADAPI PERMINTAAN PASAR (STUDI KASUS CV. GEMILANG KENCANA WONOSOBO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DEVI TRIANA_PENGENDALIAN BAHAN BAKU DENGAN METODE MRP (MATERIAL REQUIREMENT PLANNING) PADA INDUSTRI CARICA DALAM MENGHADAPI PERMINTAAN PASAR (STUDI KASUS CV.GEMILANG KENCANA WONOSOBO).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

CV. Gemilang Kencana merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan carica in syrup yang didirikan pada tahun 2013. Permintaan pembelian carica yang meningkat pada saat liburan tiba mengakibatkan sering kekurangan bahan baku. CV. Gemilang Kencana perlu menerapkan pengendalian bahan baku, salah satunya menggunakan pola metode pengendalian bahan baku MRP ( Material Requirement Planning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permintaan olahan carica pada objek penelitian dan pengendalian bahan baku melalui metode MRP apabila diterapkan pada CV. Gemilang Kencana. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis interaktif model yang dikembangkan Milles dan Huberman, dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permintaan pasar pada CV. Gemilang Kencana tidak stabil, pada saat liburan lebaran dan tahun baru mengalami lonjakan permintaan sehingga sering terjadi kekurangan bahan baku akibat dari permintaan yang melonjak. Pengendalian persediaan bahan baku menggunakan metode MRP ( Material Requirement Planning) dengan menggunakan dua teknik yaitu teknik lot for lot dan EOQ (Economic Order Quantity untuk menghitung biaya produksi yang paling minimal serta agar perencanaan bahan baku lebih terstruktur. Dimana teknik Lot For Lot menghasilkan biaya paling minimal, dan peneliti menyarankan CV.Gemilang Kencana menggunakan metode tersebut dalam proses perencanaan persediaan bahan baku agar menghasilkan biaya yang minimal dan meningkatkan produktivitas produksi pada CV. Gemilang Kencana sehingga dapat memenuhi permintaan konsumen secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Material Requirement Planning, Pengendalian Bahan Baku, Permintaan Pasar
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Devi Triana
Date Deposited: 26 Jul 2023 05:50
Last Modified: 26 Jul 2023 05:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20769

Actions (login required)

View Item View Item