PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, RELIGIUSITAS, DAN PRODUK DI BANK SYARIAH TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH (STUDI PADA PELAKU UMKM ASPIKMAS DI BATURRADEN BANYUMAS)

Dewi, Kurniasih (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, RELIGIUSITAS, DAN PRODUK DI BANK SYARIAH TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH (STUDI PADA PELAKU UMKM ASPIKMAS DI BATURRADEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Dewi Kurniasih_Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, dan Produk di Bank Syariah terhadap Minat menjadi Nasabah di Bank Syariah (Studi pada Pelaku UMKM ASPIKMAS di Baturraden Banyumas).pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Minat adalah ketertarikan individu terhadap suatu objek tanpa ada sesorang yang mendorong/memerintahkannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah literasi keuangan syariah, religiusitas dan produk di bank syariah secara parsial dan simultan memiliki perngaruh terhadap minat untuk menjadi nasabah di bank syariah. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif. Objek penelitian ini adalah anggota UMKM ASPIKMAS Baturraden Banyumas. Jumlah populasi dari penenlitian ini berjumlah 300 orang, setelah dihitung dengan menggunakan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 171 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Data yang terkumpul kemudian diuji dengan menggunakan bantuan software SPSS Versi 25 dengan melalui uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian data menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah, religiusitas dan produk di bank syariah berpengaruh secara parsial terhadap minat menjadi nasabah di Bank Syariah. Kemudian secara bersamaan (simultan) ketiga variabel menunjukkan pengaruh simultan terhadap minat menjadi nasabah di Bank Syariah. Penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat bagi pihak UMKM dan khususnya bagi pihak Bank untuk lebih memperkenalkan merk mereka kepada para pelaku UMKM agar tertarik menjadi nasabah di Bank Syariah. Keterbatasan dari penelitian ini yaitu penelitian ini hanya melakukan pengkaian terhadap pengaruh literasi keuangan syariah, religiusitas, dan produk di bank syariah. Saran peneliti untuk penelitian selanjutnya adalah menambahakan variabel lain yang memiliki pengaruh terhadap minat. Objek penelitian juga bisa diperluas yaitu tidak hanya di Baturraden saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, Produk, Minat, Bank Syariah.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Dewi Kurniasih sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:20
Last Modified: 25 Jul 2023 08:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20763

Actions (login required)

View Item View Item