PRAKTIK PEMBACAAN QS. AR-RAHMAN SEBAGAI MAHAR PERNIKAHAN DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA CILACAP

Julieta Intan, Essa Safhira (2023) PRAKTIK PEMBACAAN QS. AR-RAHMAN SEBAGAI MAHAR PERNIKAHAN DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Julieta Intan Essa Safhira_1917501014_Praktik Pembacaan QS. Ar-Rahman Sebagai Mahar Pernikahan di Pondok Pesantren Nurul Huda Cilacap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tren masyarakat terkait mahar menggunakan hafalan surat Al-Qur’an khususnya QS. Ar-Rahma>n. Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan praktik pembacaan QS. Ar-Rahma>n di Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Glempangpasir, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap baik sebagai mahar dalam pernikahan maupun bacaan rutin oleh para santri serta meneliti wacana yang mendasari adanya praktik tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Living Qur’an dalam pendekatan fenomenologi dengan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, serta dokumentasi yang berkesinambungan. Peneliti menggunakan konsep “Islam Sebagai Tradisi Diskursif” milik Talal Asad sebagai pisau penelitian untuk mengupas diskursus yang mendasari adanya suatu praktik pembacaan QS. Ar-Rahma>n di Pondok Pesantren Nurul Huda Cilacap. Hasil Penelitian ini yaitu: Pertama, Praktik pembacaan QS. Ar-Rahma>n di Pondok Pesantren Nurul Huda Cilacap tidak hanya sebagai mahar dalam tradisi pernikahan keluarga Pondok Pesantren Nurul Huda Cilacap namun seiring berjalannya waktu dilaksankan sebagai bacaan amalan rutin oleh para santri. Kedua, Wacana yang mendasari adanya praktik pembacaan QS. Ar-Rahma>n di Pondok Pesantren Nurul Huda Cilacap adalah lahirnya diskursus yang dibawa oleh agen atau pencetus praktik tersebut. Melalui konsep Islam sebagai tradisi diskursif milik Talal Asad peneliti menemukan terdapat tiga wacana yang mendasar dalam praktik tersebut yaitu diskursus masa lalu, diskursus masa depan, dan diskursus masa kini. Diskursus masa lalu adalah proses bagaimana transmisi pengetahuan praktik pembacaan QS. Ar-Rahma>n sebagai mahar terjadi di Pondok Pesantren Nurul Huda Cilacap, mengupas lebih dalam terkait sejarah berdirinya tradisi tersebut hingga institusionalisasi praktik mahar yang ada di Indonesia. Diskursus masa depan menjabarkan lebih detail terkait upaya yang dilakukan oleh Kyai Arwani Amin beserta warga Pondok Pesantren Nurul Huda Cilacap dalam menjaga tradisi serta menjelaskan modifikasi yang telah terjadi selama tradisi praktik QS. Ar-Rahma>n dilakukan. Sedangkan diskursus masa kini pada tradisi Praktik Pembacaan QS. Ar-Rahma>n sebagai mahar di Pondok Pesantren Nurul Huda Cilacap menunjukkan tentang realitas Pondok Pesantren Nurul Huda Cilacap dalam melaksanakan serta menjaga tradisi tersebut tidak hanya dalam bentuk mahar namun juga praktik yang lain, serta membahas aspek normatif dan aspek historis yang ada dalam praktik tersebut. Kata Kunci: Tradisi, Mahar, Pernikahan, QS. Ar-Rahma>n.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Mahar, Pernikahan, QS. Ar-Rahman
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: julieta intan essa safhira sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:05
Last Modified: 25 Jul 2023 08:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20751

Actions (login required)

View Item View Item